Analisis Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan pada CV. Titi Steel Sidoarjo dalam Perspektif PSAK No 14 Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Nanda Puji (2019) Analisis Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan pada CV. Titi Steel Sidoarjo dalam Perspektif PSAK No 14 Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunana Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Puji Lestari_G72215019.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada CV. Titi Steel Sidoarjo” ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis bertujuan untuk 1) Untuk Menguji dan Menganalisis pencatatan dan penilaian persediaan barang dagangan pada CV. Titi Stee Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui apakah kesesuaian antara pencatatan dan penilaian persediaan barang dagangan pada CV. Titi Steel Sidoarjo dengan PSAK No.12 tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendeketan analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi seputar objekdan wawancara dengan informasi yaitu manajer, bagian gudang. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah. Dari hasil penelitian ini di dapatkan hasil bahwa CV. Titi Steel Sidoarjo menggunakan metode pencatatan persediaan perpetual yang artinya tiap terjadi transaksi maka dicatat dalam jurnal. Dan metode penilaian persediaan yang digunakan CV. Titi Steel Sidoarjo adalah metode FIFO ( First in first out)/MPKP masuk pertama keluar pertama maka penulis melihat bahwa pencatatan dan penilaian persediaan barang dagangan pada CV. Titi Steel Sidoarjo telah menerapkan PSAK No. 14 Tahun 2018 dengan baik dan sesuai dengan prinsip akuntansi. Saran yang dapat di sampaikan peneliti untuk CV. Titi Steel Sidoarjo adalah diperlukannya kesadaran pemilik tentang pencatatan setiap persediaan yang ada agar tidak terjadi perbedaan antara jumlah persediaan barang yang berada di gudang dengan yang ada di pencatatan dan agar mempermudah mengambil keputusan ketika mengetahui stok persedian menipis sehingga keterlambatan dalam persediaan tidak akan terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Nanda Pujinandapujiii@gmail.comG72215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Keywords: Persediaan; Pencatatan Persediaan; Penilaian Persediaan; PSAK No. 14
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Lestari Nanda Puji
Date Deposited: 07 Aug 2019 06:21
Last Modified: 07 Aug 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33528

Actions (login required)

View Item View Item