Tafsir ayat-ayat kebinekaan: studi penafsiran Mufassir Nusantara terhadap ayat-ayat kebinekaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Ulya Nurir (2019) Tafsir ayat-ayat kebinekaan: studi penafsiran Mufassir Nusantara terhadap ayat-ayat kebinekaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulya Nurir Rahmah_E93215148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebinekaan (keragaman) menjadi suatu hal keniscayaan yang tidak dapat ditolak, karena merupakan sunna tullah yang tercatat dalam Kitab Suci, Alqur’an. Banyak ayat-ayat Alqur’an yang menjadi bukti bahwa keragaman merupakan kehendak Allah, dua diantaranya tersebut dalam surat Ar-Ru>m [30]: 22, serta surat Al-Huju>ra>t [49]:13. Dalam surat Ar-Ru>m [30]:22 tersebut, Allah menyatakan dengan jelas bahwa manusia memiliki keragaman suara (bahasa), serta warna kulit. Sedang, dalam surat Al-Huju>ra>t [49]: 13, kebinekaan terlihat dari manusia yang berkelompok baik suku, dan bangsa, atau bahkan jenis kelaminnya, perempuan dan laki-laki. Perbedaan ini tentu bukan diperuntukkan untuk saling memaki, akan tetapi Allah menjelaskan adanya perbedaan tersebut agar dipergunakan untuk saling kenal-mengenal, saling berlomba-lomba dalam kebaikan, dan tentu, untuk melihat siapakah yang paling bertakwa pada Allah atas perbedaan tersebut. Penelitian ini akan mengkaji ayat-ayat kebinekaan tersebut dengan melihat penafsiran dari tiga mufassir nusantara; Imam An-Nawawi, Hamka, dan Quraish Shihab. Dari penafsiran tiga mufassir terhadap ayat kebinekaan tersebut, akan dianalisis dengan menggunakan teori muna>sabah. Dimulai dari konsep kebinekaan dan klasifikasi ayat kebinekaan dalam Alqur’an, diperkuat dengan penafsiran ketiga mufassir Nusantara serta teori muna>sabah didapat sebuah konklusi bahwa kebinekaan seyogiyanya harus dipahami dan diterima dengan baik. Sehingga, kehidupan di Negeri yang plural dapat berjalan harmoni sebagaimana maksud dalam Alquran dan cita-cita para founding father Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Ulya Nurirulyaluz.muhammad11@gmail.comE93215148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammaddigilib@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kerukunan Beragama
Pluralisme
Toleransi Islam
Toleransi
Nasionalisme
Keywords: Ayat kebinekaan; Mufassir Nusantara; munasabah, Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmah Ulya Nurir
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:40
Last Modified: 09 Aug 2019 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33534

Actions (login required)

View Item View Item