Pengorganisasian masyarakat dalam rangka mengurangi tingginya pencemaran lingkungan di Desa Ngasem Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Hidayatul (2019) Pengorganisasian masyarakat dalam rangka mengurangi tingginya pencemaran lingkungan di Desa Ngasem Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatul Khoiriyah_B52215029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang tingginya tingkat pencemaran lingkungan di Desa Ngasem. Pencemaran lingkungan tersebut berupa pencemaran tanah, pencemaran air dan pencemaran udara. Adapun pencemaran tanah disebabkan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Sedangkan pencemaran air disebabkan perilaku masyarakat yang membuang sampah dan limbah/kotoran sapi ke sungai. Sedangkan pencemaran udara disebabkan perilaku masyarakat yang membakar sampah di tempat terbuka. Selain itu belum ada kelompok peduli lingkungan dan belum efektifnya program Pemerintah Desa Ngasem terkait upaya pengurangan pencemaran lingkungan. Skripsi ini juga membahas tentang strategi pengorganisasian dan hasil dari pengorganisasian masyarakat di Desa Ngasem, dalam upaya pengurangan pencemaran lingkungan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Penelitian ini melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan, dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung dalam rangka melakukan perubahan. Peneliti bertujuan membantu masyarakat, untuk mencari solusi terhadap permasalahan tingginya pencemaran lingkungan di Desa Ngasem. Dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pelatihan kreasi daur ulang sampah, pelatihan pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi, kegiatan pemanfaatan sampah plastik untuk media tanaman dan pembentukan kelompok peduli lingkungan. Dalam proses pengorganisasian masyarakat, peneliti melibatkan berbagai pihak terkait (stakeholders) seperti Kelompok Ternak Ngudi Tani, anggota PKK, Pemerintah Desa Ngasem, Pembina Bank Sampah Kelurahan Bangunsari Kabupaten Madiun dan Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian Jatikalen. Hasil dari pengorganisasian masyarakat di Desa Ngasem, diantaranya adanya kesadaran masyarakat terhadap upaya pengurangan pencemaran lingkungan, terbentuknya kelompok peduli lingkungan dan efektifnya program Pemerintah Desa Ngasem terkait upaya pengurangan pencemaran lingkungan. Perubahan yang terjadi setelah adanya pengorganisasian ialah masyarakat mulai sadar untuk mendaur ulang sampah secara mandiri dan mereka memiliki inisiatif untuk membuat pupuk organik dari kotoran sapi secara mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Hidayatulhidayatul.khoiriyah21@gmail.comB52215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Lingkungan Hidup
Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Kelompok Peduli Lingkungan; Pengelolaan Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khoiriyah Hidayatul
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:33
Last Modified: 09 Aug 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33538

Actions (login required)

View Item View Item