Pengaruh media colour corrugated paper (kokoru) terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B-1 di Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Persatuan Kalanganyar Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Ayu (2019) Pengaruh media colour corrugated paper (kokoru) terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B-1 di Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Persatuan Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu masruroh_D98215022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelompok B-1 pada kegiatan motorik halus ketidakmampuan anak dalam melakukan aktivitas motorik halus seperti, menggunting, menggulung dan menempel. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar dalam kemampuan motorik halus menunjukkan bahwa dari 15 anak dalam satu kelas, hanya terdapat 4 anak yang mampu melakukan kegiatan motorik halus dengan baik. Berdasarkan hasil Pengamatan dan penilaian di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Kalanganyar Sedati Sidoarjo.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media kokoru terhadap kemampuan motorik halus?. Bagaimana kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah penggunaan media kokoru?. Bagaimana pengaruh penggunaan media kokoru?. Pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media colour corrugated paper (kokoru), yakni mengetahui pengaruh penggunaan media kokoru serta untuk mengetahui kondisi sebelum dan sesudah media tersebut diterapkan.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penilitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design. Penelitian Kuantitatif jenis One Group Pretest Postest Design memiliki 3 tahapan, yaitu pre test, pemberian perlakuan (treatment), dan post test. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh media kokoru terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Persatuan Kalanganyar Sedati Sidoarjo, hal ini dibuktikan dari data pre test dan post test yang didapat menggunakan uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 16.0 yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 di mana syarat perbandingan, jika Ho ditolak, secara otomatis Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Ayumasrurohayu17@gmail.comD98215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imammasrurohayu17@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Masruroh Ayu
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:19
Last Modified: 06 Aug 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33539

Actions (login required)

View Item View Item