Telaah penciptaan dan keagamaan jin menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir al Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuchrufi, Nadia Lazar (2019) Telaah penciptaan dan keagamaan jin menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir al Misbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Lazar Zuchrufi_E03215036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam agama Islam, salah satu ciri orang beriman adalah meyakini adanya sesuatu yang ghaib, karena itu termasuk sebagian dari rukun iman. Salah satu diantara makhluk ghaib tersebut adalah jin. Ia merupakan salah satu makhluk yang diistimewahkan oleh al-Qur’an. Namanya menjadi salah satu nama surat dalam al-Qur’an. Namun banyak sekali yang menganggap jin adalah sesuatu yang negatif. Padahal sebenarnya mereka tidak jauh berbeda dengan manusia. Bahkan mereka lupa bahwa jin juga ada yang baik dan ada yang jahat, ada yang taat dan ada yang membangkang. Maka pada penelitian ini penulis fokus mengkaji tentang penciptaan dan keagamaan jin. Banyak penafsiran mengenai asal-usul dan tujuan penciptaannya, serta mengenai status keagamaannya pun banyak berbagai pendapat. Namun, penulis ingin meneliti dan menganalisa mengenai hal tersebut dalam Tafsir Al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab. Namun, sebelum masuk ke penafsirannya, juga diperlukan gambaran utuh tentang Muhammad Quraish Shihab dan seluk beluk kitab Tafsir Al-Misbah yang menjadi sumber primer penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat library research, selanjutnya data dikelola secara deskriptif- analitis. Yakni menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan penciptaan dan keagamaan jin. Setelah ayat-ayat terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis secara mendalam dengan Tafsir al-Misbah. Penelitian ini dilakukan mengacu pada kiprah Muhammad Quraish Shihab sebagai ulama dan mufassir kontemporer serta penulis yang produktif. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa perbedaan di kalangan ulama mufassirin mengenai asal-usul penciptan jin. Namun sifatnya tidak substantif. Sehingga, perbedaan pendapat di antara mereka itu tidak menimbulkan kontradiksi yang signifikan. Demikian pula halnya keyakinan yang dianut oleh bangsa jin juga berbeda-beda seperti yang terjadi pada umat manusia. Begitu juga dengan tingkat keimanannya, ada yang saleh dan ada yang durhaka kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuchrufi, Nadia Lazarzuchrufinadia@gmail.comE03215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Jin dan Setan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Zuchrufi Nadia Lazar
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:42
Last Modified: 08 Aug 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33555

Actions (login required)

View Item View Item