Konseling Islam dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk menangani Insomnia pada seorang Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Fauzi (2019) Konseling Islam dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk menangani Insomnia pada seorang Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fauzi_B53215053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk Menangani Insomnia pada Seorang Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil proses konseling dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk Menangani Insomnia pada Seorang Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dihasilkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa kata-kata dan tulisan serta hasil observasi di lapangan. Data sekunder berupa data yang didapatkan dari orang lain. Setelah data terkumpul, analisis kemudian dilakukan untuk mengetahui proses dan hasil dengan menggunakan analisis data deskriptif komparatif, yaitu perbandingan kondisi sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling. Penelitian ini mengikuti tahapan yang ada dalam Solution Focused Brief Therapy, yang terdiri dari: 1. Menetapkan Tujuan Konseli, 2. Menggali Potensi Konseli, 2. Mengekplorasi Kegiatan yang Telah dilakukan, 3. Memberikan Pekerjaan Rumah, 5. Menetapkan Komitmen. Adapun hasil akhir proses konseling ini dikatakan berhasil, hasil tersebut dilihat dari adanya perubahan pada pengalaman konseli yang sebelumnya sering kesulitan tidur dan mengalami gangguan pikiran. Setelah melewati proses konseling, kesulitan tidur dan gangguan pikiran yang dialami dapat dikontrol dan diatasi oleh konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Fauzimuhfauzi7@gmail.comB53215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Solution Focused Brief Therapy; Insomnia; Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fauzi Muhammad
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:22
Last Modified: 08 Aug 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33556

Actions (login required)

View Item View Item