Pengaruh perbedaan kedalaman tanam terhadap pertumbuhan dan nilai Toksisitas Gracilaria verrucosa di Jabon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibadurrohmah, Fatiha Nur (2019) Pengaruh perbedaan kedalaman tanam terhadap pertumbuhan dan nilai Toksisitas Gracilaria verrucosa di Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatiha Nur Ibadurrohmah_H04215002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budidaya Gracilaria verrucosa dilakukan di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Bibit G. verrucosa pada awalnya berasal dari laut dan dibudidayakan pada tambak di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. G. verrucosa memiliki banyak potensi, maka perlu dilakukan budidaya G. verrucosa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kedalaman terhadap pertumbuhan, mengetahui nilai toksisitas ekstrak G. verrucosa terhadap Artemia salina dan pengaruh perlakuan kedalaman terhadap nilai toksisitas G. verrucosa. Data yang digunakan adalah data pertumbuhan rumput laut, pengukuran suhu, derajat keasaman (pH), salinitas, DO, kedalaman, dan data hasil ekstrak G. verrucosa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu eksperimental dengan melakukan metode budidaya longline dengan kedalaman 20 cm dan 50 cm, pengamatan dilakukan setiap 2 minggu sekali selama 42 hari. Metode yang digunakan untuk uji toksisitas menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Pengukuran parameter kualitas air selama 42 hari pertumbuhan yakni, suhu berkisar antara 31°C - 32°C, nilai derajat keasaman (pH) berkisar antara 7 – 8.6, salinitas berkisar antara 16‰ - 20‰, DO berkisar antara 7.5 mg/l – 8 mg/l. Pertumbuhan rumput laut diamati dengan metode budidaya longline dan mendapatkan hasil pertumbuhan yang optimal pada kedalaman 20 cm dengan bobot awal yaitu 500 gr, setelah diamati 42 hari mendapatkan bobot akhir 2583 gr. Hasil laju pertumbuhan didapatkan persentase laju pertumbuhan tertinggi pada kedalaman 20 cm dengan laju pertumbuhan sebesar 8% pada hari ke 14. Uji toksisitas menghasilkan nilai toksisitas pada ekstrak G. verrucosa di kedalaman 20 cm sebesar 316,227 ppm dan di kedalaman 50 cm sebesar 794,328 ppm. Nilai toksisitas pada kedua perlakuan tergolong toksik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibadurrohmah, Fatiha NurFatihani97@gmail.comH04215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Gracilariaverrucosa; laju pertumbuhan; kedalaman,nilai toksisitas; Sidoarjo
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ibadurrohmah Fatiha Nur
Date Deposited: 05 Aug 2019 10:01
Last Modified: 05 Aug 2019 10:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33562

Actions (login required)

View Item View Item