Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Keluarga Penghafal Al Qur'an: Studi Kasus Pengajar di SMAs IT As-Syifa Al-Khoeriyyah Subang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husanilah, Desmutia Nur'aini (2019) Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Pada Keluarga Penghafal Al Qur'an: Studi Kasus Pengajar di SMAs IT As-Syifa Al-Khoeriyyah Subang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desmutia Nur'aini Husanilah_B53215043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya keluarga penghafal al-Qur’an dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Seperti yang kita ketahui bahwasanya seorang penghafal adalah orang yang senantiasa membersamai al-Qur’an, perilakunya mencerminkan al-Qur’an, sesuai dengan apa yang diperintah dan apa yang dilarang oleh Allah SWT., dalam hal ini peneliti berusaha mengkaji bagaimana seorang penghafal yang hidupnya berlandaskan al-Qur’an, memiliki bekal yang berpondasikan al-Qur’an dalam berperilaku sehari-hari baik dalam lingkup keluarga maupun sosial serta upayanya dalam mewujudkan keluarga yang bahagia. Keluarga yang diteliti berdomisili di sebuah pondok pesantren yang tentunya sangat strategis untuk seorang penghafal tersebut mengamalkan atau mempraktekan apa yang dia miliki, dia fahami, sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT., serta Rasul-Nya dalam ayat-ayat al-Qur’an. Karena pondok pesantren benar-benar mewadahi orang yang ingin berbuat baik serta mendekatkan diri kepada Allah SWT..
Penelitian ini menggunakna metode kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan proses wawancara dan observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan mode analisis Miles and Huberman, yang mana terbagi menjadi tiga tahap yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penyajian dan analisis data yang telah peneliti peroleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya pembentukan keluarga sakinah yang telah dilakukan oleh keluarga penghafal al-Qur’an diantaranya adalah memilih calon pasangan yang baik, yang dapat diajak bersama-sama menggapai rido ilahi; memilih lingkungan tempat tinggal yang baik, karena generasi yang baik terlahir dari lingkungan yang baik; suami sebagai imam memberikan contoh yang baik, yang patut untuk ditiru istri serta anak-anaknya; memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak; meluangkan waktu berdua antara suami dan istri agar bisa membangun komunikasi yang baik; dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah melalui shalat dua rakaat atau lebih di sepertiga malam.

Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Penghafal Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husanilah, Desmutia Nur'ainidesmutia11@gmail.comB53215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, LukmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Husanilah Desmutia Nur'aini
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:17
Last Modified: 06 Aug 2019 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33574

Actions (login required)

View Item View Item