Analisis Pola Kecelakaan Lalu Lintas Di Surabaya Menggunakan Algoritma FP-Growth

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Moh. Faizal (2019) Analisis Pola Kecelakaan Lalu Lintas Di Surabaya Menggunakan Algoritma FP-Growth. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Faizal Efendi_H02215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi karena kelalaian manusianya sendiri, sepertinya bermain handphone saat berkendara, berkendara saat keadan mengantuk, dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Jalan di Kota Surabaya memiliki potensi kecelakaan yang lebih besar dibandingkan jalan di luar kota dengan kata lain jalan desa. Hal ini dikarenakan jalan perkotaan menjadi wadah berbagai tujuan aktivitas transportasi dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi. Untuk mengetahui tingkat terjadinya kecelakaan di Kota Suabaya, maka perlu dilakukan penelitian hal apa saja yang sering terlibat dalam kecelakaan. Pada penelitian ini menggunakan Algoritma FP-Growth yang merupakan salah satu algoritma dari teknik association rule. association rule digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data. Dengan nilai minimum Support 40% atau 50% menghasilkan nilai support tertinggi 0.5351 atau sekitar 53.51% dan nilai confidence tertinggi sebesar 0.9932 atau sekitar 99% dengan aturan rule: ketika kecelakaan terjadi di jalan Nasional dan jalan Lurus, maka kemungkinan besar mengalami Luka Ringan dan kerugian material Sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Moh. Faizalfaisalefendi182@gmail.comH02215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorNovitasari, Dian C. Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Fp-Growth; association rule; kecelakaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Efendi Moh. Faizal
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:18
Last Modified: 07 Aug 2019 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33575

Actions (login required)

View Item View Item