Peranan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Di SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikhah, Mar'atus (2019) Peranan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Di SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Solikhah D91215065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urgensi penelitian ini ialah mengetahui peranan metode mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar PAI peserta didik di SMPN 5 Sidoarjo. Sehingga rumusan permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode mind mapping pada pembelajaran mata pelajaran PAI di SMPN 5 Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode mind mapping di SMPN 5 Sidoarjo? (3) Bagaimana peranan metode mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi.. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII/6 dan VIII/4 SMP Negeri 5 Sidoarjo sebanyak 32 siswa. Dengan teknik pengambilan Sampel Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan atau pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dan t-test independet..Dari data yang telah dikumpulkan, setelah dianalisis diperoleh data sebagai berikut: 1) Bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran mata pelajaran PAI di SMPN 5 Sidoarjo, termasuk pada kriteria sangat baik dengan hasil persentase 87,5%. 2) Prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode mind mapping di SMPN 5 Sidoarjo menggunakan analisis persentase diketahui Mean kelas eksperimen (kelas yang menggunakan metode mind mapping) 90% dan Mean kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan metode mind mapping) 87% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Peranan metode mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Sidoarjo dengan taraf signifikasi 0,05 (5%) dan menggunakan uji 2 pihak (sig. 2-tailed) harga t tabel yang diperoleh 2,042 dan thitung sebesar 5,443, maka thitung > ttabel (5,443>2,042). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada peranan metode mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMPN 5 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikhah, Mar'atusmaratus.xiagm@gmail.comD91215065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M,mustofahuda57@gmail.com195702121986031004
Thesis advisorSubhan, Fautifauti_subhan@gmail.com195410101983122001
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Mind Mapping: Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solikhah Mar'atus
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:57
Last Modified: 12 Aug 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33594

Actions (login required)

View Item View Item