Reduksi kadar Mangan (MN) pada air tanah di sekitar wilayah Porong menggunakan (Manganase Greensand) dalam kolom kontinyu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nevyana, Fadila (2019) Reduksi kadar Mangan (MN) pada air tanah di sekitar wilayah Porong menggunakan (Manganase Greensand) dalam kolom kontinyu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadila Nevyana_H75215015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil uji pendahuluan yang telah dilakukan pada sampel air tanah di desa Gedang, Porong menunjukkan bahwa terdapat kandungan logam Mangan (Mn) sebesar 1,37 mg/L. Kadar tersebut telah melampaui baku mutu yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/MENKES/PER/IV/2010 yaitu sebesar 0,4 mg/L. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menurunkan kandungan Mangan (Mn) agar layak digunakan sebagai air bersih. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan (manganese greensand) dalam menurunkan kandungan logam berat mangan (Mn) dalam kolom kontinyu. Penelitian ini dilakukan secara ekperimental dengan penyajian data deskriptif kuantiatif. Reaktor terbuat dari galon air mineral volume 6 liter dan kolom terbuat dari acrylic diameter 3 cm dengan panjang 50 cm dengan sistem aliran downflow. Variabel dalam penelitian ini adalah variasi bed depth media adsorben (manganese greensand) 10 cm, 15 cm, dan 20 cm. Variasi laju alir sebesar 2,5 ml/menit, 5 ml/menit, dan 7,5 ml/menit. Sedangkan variasi konsentrasi sampel sebesar 0,5 mg/L, 1,1 mg/L, dan 1,3 mg/L. Analisis Mangan (Mn) menggunakan metode persulfat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penurunan paling optimum terjadi pada variasi bed depth 20 cm yaitu 81,81%. Selanjutnya, efisiensi penurunan paling optimum terjadi pada variasi laju alir 2,5 ml/menit yaitu sebesar 86,46%, dan efisiensi penurunan paling optimum juga terjadi pada variasi konsentrasi 1,37 mg/L yaitu sebesar 86,46 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nevyana, Fadiladilananafadila@gmail.comH75215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Mangan (Mn); Adsorpsi; Manganese Greensand
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nevyana Fadila
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:44
Last Modified: 07 Aug 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33597

Actions (login required)

View Item View Item