Uji toksisitas ekstrak labu kuning (Cucurbita moschata Durch.) terhadap larva udang Artemia salina dengan Metode Bslt (Brine Shrimp Lethality Test)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Emi Nur (2019) Uji toksisitas ekstrak labu kuning (Cucurbita moschata Durch.) terhadap larva udang Artemia salina dengan Metode Bslt (Brine Shrimp Lethality Test). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emi Nur Rosidah_H71215015y.pdf

Download (4MB)

Abstract

Labu kuning (Cucurbita moschata Durch.) merupakan salah satu tanaman yang telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit oleh karena itu diperlukan telaah ilmiah mengenai kandungan kimia dan efek samping yang ditimbuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat toksisitas yang terkandung dalam ekstrak metanol daging labu kuning (C.moschata Durch.) dan biji labu kuning (C.moschata Durch.). Metode yang digunakan adalah metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Uji toksisitas ini terdiri dari 8 perlakuan konsentrasi yaitu 0 ppm (kontrol negatif), 10 ppm, 20 ppm, 100 ppm, 500 ppm, 1000 ppm, 1500 ppm dan 2000 ppm yang masing-masing dilakukan tiga kali pengulangan (triplo). Pada tiap konsentrasi digunakan 10 ekor larva udang Artemia salina berumur 48 jam. Prosedur penggunaan metode BSLT yaitu dengan menentukan nilai letal consentration 50 (LC50) yang diperoleh dari analisis probit. Nilai LC50 dari ekstrak daging labu kuning (C.moschata Durch.) sebesar 828,728 ppm. Sedangkan nilai LC50 pada biji labu kuning (C. moschata Durch.) sebesar 495,088 ppm. Hasil nilai LC50 tersebut termasuk dalam kategori toksik terhadap larva Artemia salina, namun tidak berpotensi sebagai antikanker dan nilai LC50 dari kedua ekstra tidak ada perbedaan yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Emi Nuremi.nurrosidah@gmail.comH71215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, IrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorWidiyanti, Linda PrasetyaningUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: labu kuning (C. moschata Durch.), Brine Shrimp Lethality Test (BSLT), Artemia salina, toksisitas, nilai LC50
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Rosidah Emi Nur
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:20
Last Modified: 08 Aug 2019 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item