Makna hijrah perspektif Hamka dalam tafsir Al Azhar dan konteksualisasinya dalam kehidupan sosial di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Siti Nafsiyatul (2019) Makna hijrah perspektif Hamka dalam tafsir Al Azhar dan konteksualisasinya dalam kehidupan sosial di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nafsiyatul Ummah_E03215047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terjadinya peristiwa hijrah pada masa Rasulullah SAW yang terjadi pada tahun 622 M, merupakan kejadian peristiwa yang tidak dapat dilupakan dalam hati serta sanubari semua orang Islam. Karena kejadian ini memliki nilai yang sangat tinggi di dalam perjalanan sejarah dunia Islam. Karena di dalam juga sangat banyak hal-hal yang dapat dijadikan sebuah pembelajaran serta hikmahnya. Penelitian ini adalah tentang Makna hijrah dalam tafsir Al-Azhar. Kitab tafsir ini menggunakan metode tahlili dan penggunakan pendekatan al-adabi ijtima’i diharapkan dapat memberikan penjelasan yang lebih signifikan, melihat Buya Hamka adalah seorang ulama besar yang banyak melahirkan karya-karya yang sangat luar biasa. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library reasearch) karena sasaran utama penelitian ini adalah buku-buku beserta literatur-literatur yang terkait. Penjelasan dalam penelitian ini mengarah pada penelitian ayat-ayat Al-Quran tentang makna hijrah serta penafsirannya dari beberapa mufassir dengan menggunakan metode tematik sebagai metode penelitiannya. Serta makna hijrah itu dikontekstualisasikan dalam kehidupan saat ini. Setelah dilakukan penelitian dari segi ayat-ayat yang membahas hijrah, dapa disimpulkan bahwa hijrah adalah perpindahan dari suatu tempat atau dari suatu perbuatan menuju tempat atau perbuatan yang lebih baik. Sesuatu yang lebih ini bisa berarti tempat tinggal, perkataan, kebiasaan, dan lain sebagainya. Sedangkan bentuk kontekstualisasinya adalah bertujuan agar dapat merubah kehidupan yang awalnya buruk menjadi lebih baik, akhlak yang buruk menjadi lebih berbudi, dari kehidupan syirik menuju jalan ilahi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Siti Nafsiyatulnafsi.yuna@gmail.comE03215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Keywords: Hijrah; Kehidupan Sosial; Tafsir Al-Azhar; Hamka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ummah Siti Nafsiyatul
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:44
Last Modified: 08 Aug 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33613

Actions (login required)

View Item View Item