Bimbingan konseling Islam dengan teknik Restructuring Cognitive untuk meningkatkan harga diri (Self Esteem) seorang yang pernah mengalami gangguan jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halimah, Ifa Nur (2019) Bimbingan konseling Islam dengan teknik Restructuring Cognitive untuk meningkatkan harga diri (Self Esteem) seorang yang pernah mengalami gangguan jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifa Nur Halimah_B03215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yakni tentang (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan konseling Islam Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Seorang yang pernah Mengalami Gangguan Jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokerto? (2) Bagaimana hasil akhir proses pelaksanaan Bimbingan konseling Islam dengan Teknik Restructuring Cognitive untuk Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Seorang yang pernah Mengalami Gangguan Jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokerto. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang dianalisa menggunakan pendekatan analisa deskriptif komparatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses Bimbingan dan Konseling Islam Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Seorang yang pernah Mengalami Gangguan Jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokertoyaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek di lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses konseling yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses Bimbingan dan Konseling Islam untuk Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Seorang yang pernah Mengalami Gangguan Jiwa di Desa Kupang Jetis Mojokertodengan menggunakan langkah-langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, evaluasi dan follow up. Terapi Restructuring Cognitive dan husnudzon konseli agar konseli dapat menghargai diri sendiri maupun orang lain, berfikir positif, agar menjadi pribadi yang lebih baik. Hasil akhir dari proses konseling ini berhasil dengan melihat presentase sebanyak 75%. Dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang semula konseli tidak mau keluar rumah,minder,takut,dan kurangnya bersosialisasi, kini konseli dapat menghargai dirinya sendiri dan dapat bersosialisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halimah, Ifa Nurifanurhalimah23@gmail.comB03215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdabdsyaku05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kepribadian
Keywords: Teknik Restructuring Cognitive; self esteem
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Halimah Ifa Nur
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:26
Last Modified: 06 Aug 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33615

Actions (login required)

View Item View Item