Redevelopment kawasan wisata Waduk Gondang dengan pendekatan arsitektur ekologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavian, Akhmad Dwi (2019) Redevelopment kawasan wisata Waduk Gondang dengan pendekatan arsitektur ekologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Dwi Oktavian_H73215015.pdf

Download (22MB)

Abstract

Wilayah Lamongan selatan merupakan daerah pertanian maka banyak terdapat waduk sebagai penampung air. Waduk juga dapat dimanfaatkan antara lain sebagai irigasi, penyediaan air baku dan sarana wisata. Waduk Gondang merupakan area resapan dan penampung air terbesar di kabupaten Lamongan yang dibangun dengan membendung sungai Gondang yang mempunyai daerah aliran sungai seluas 68,10 Km, yang juga dimanfaatkan sebagai obyek wisata daerah namun kurang mendapat perhatian dari para pengunjung, dimana mereka kurang dapat menjaga dan melestarikan ekosistem sehingga jika terus seperti itu akan merusak ekosistem itu sendiri. Tujuan perancangan ini adalah Merancang kembali kawasan wisata air Waduk Gondang secara optimal dan menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan arsitektur ekologi. Pendekatan ekologi merupakan konsep rancangan bangunan yang menekankan pada suatu kesadaran dan keberanian sikap untuk memutuskan konsep rancangan bangunan yang menghargai pentingnya keberlangsungan ekositem di alam. Dengan tag line enjoying harmoni with naturesehingga konsep menekankan pada pelestarian alam dan budaya dan kawasan yang mandiri, sehingga konsep bangunan di perancangan ini adalah arsitektur tropis untuk penyesuaian dengan lingkungan sekitar. Bentukan bangunan pada Kawasan Wisata Air Waduk Gondang mengambil bentukan simetris kombinasi asimetris dengan gaya arsitektur tropis, karena untuk merespon alam.
Kata Kunci : Kawasan wisata air, arsitektur ekologi, arsitektur tropis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavian, Akhmad Dwidwioktavian29@gmail.comH73215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherSyariah, Arifaniarfianisyariah@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktavielok@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Kebudayaan Jawa
Ekologi
Keywords: Kawasan wisata air; arsitektur ekologi; arsitektur tropis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Oktavian Akhmad Dwi
Date Deposited: 07 Aug 2019 06:12
Last Modified: 07 Aug 2019 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33632

Actions (login required)

View Item View Item