Perancangan Kawasan Ekowisata Mangrove di Gresik dengan Pendekatan Community Based Tourism (CBT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mohammad Yazid, Rohman (2019) Perancangan Kawasan Ekowisata Mangrove di Gresik dengan Pendekatan Community Based Tourism (CBT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MOHAMMAD YAZID ROHMAN_H73215030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kota Gresik merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang hampir sepertiga bagian dari wilayah Kabupaten Gresik merupakan daerah pesisir pantai dengan panjang 140 dan sebagian besarnya mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan terjadinya abrasi yang semakin menggerus wilayah di pesisir pantai Kota Gresik. Kota Gresik memerlukan perhatian khusus terhadap dampak buruk akan kerusakan wilayah pesisir yang sangat rentan mengalami kerusakan. Salah satu cara untuk menghindari kerusakan yaitu dengan menjadikannya sebagai ekowisata. Ekowisata Mangrove di Gresik merupakan sebuah rancangan ekowisata yang menjadi media edukasi terhadap pentingnya peran ekosistem hutan mangrove. Hutan mangrove menjadi tempat tinggal flora dan fauna yang hidup didalamnya. Ekowisata Mangrove di Gresik merupakan jenis usaha ekowisata yang berkelanjutan secara ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan hutan mangrove. Dengan menjadikan sebagai media edukasi, konservasi dan wisata mangrove yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat Gresik. Perancangan dengan konsep menggunakan sumber daya alam lokal dan pengelolaan sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat setempat. Salah satu konsep yang melibatkan peran masyarakat dalam pembangunan pariwisata yaitu Community Based Tourism (CBT). Pendekatan Community Based Tourism menekankan kepada pemberdayaan masyarakat agar lebih memahami nilai-nilai aset yang mereka dimiliki sperti ekosistem hutan mangrove ataupun sumber daya alam lokal. Sehingga diharapan dapat terciptanya hubungan yang saling menguntungkan antara manusia dengan lingkungan dan aset-aset yang mereka miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mohammad Yazid, Rohmanyaziedarch.mohammad@gmail.comH73215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhamad, Ratodimratodi04@gmail.com2004038102
Thesis advisorRita, Ernawatirita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Kota Gresik; Ekowisata Mangrove; Community Based Tourism (CBT)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Mohammad Yazid Rohman
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:11
Last Modified: 09 Aug 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item View Item