Studi komparatif tentang metode pembelajaran antara guru pendidikan agama Islam dengan guru pendidikan agama Kristen dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muqorrobin, Agus (2019) Studi komparatif tentang metode pembelajaran antara guru pendidikan agama Islam dengan guru pendidikan agama Kristen dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Muqorrobin_D91215045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan guru PAI dan guru PAK di SMAN 1 Waru. Bagaimana karakter siswa agama Islam dan Kristen di SMAN 1 Waru. Bagaimana persamaan dan perbedaan metode pembelajaran antara guru PAI dan guru PAK dalam pendidikan karakter di SMAN 1 Waru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1. Metode yang diterapkan guru PAI antara lain metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab dan metode resitasi. Sedangkan metode yang diterapkan guru PAK adalah metode ceramah kadang kala juga metode tanya jawab dan metode resitasi. 2. Karakter siswa agama Islam disiplin, rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif, jujur dan tanggung jawab. Sedangkan karakter siswa agama Kristen disiplin, religius, rasa ingin tahu, jujur dan tanggung jawab. 3. Guru PAI dan PAK sama-sama menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode resitasi. Perbedaanya yaitu metode ceramah guru PAI memasukkan nilai pendidikan karakter disiplin sedangkan guru PAK memasukkan nilai pendidikan karakter disiplin dan religius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muqorrobin, Agusmuhammadagusmuqorrobin@gmail.comD91215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, MusthofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muqorrobin Agus
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:30
Last Modified: 09 Aug 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33639

Actions (login required)

View Item View Item