Penerapan strategi resiprokal dalam meningkatkan motivasi belajar matematika materi bangun segi banyak kelas IV di MIN 4 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arridlo, Mohamad Basyarudin (2019) Penerapan strategi resiprokal dalam meningkatkan motivasi belajar matematika materi bangun segi banyak kelas IV di MIN 4 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Basyarudin Arridlo_D97215097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya tingkat motivasi peserta didik kelas IV-5 pada materi Bangun Segi Banyak. Peneliti banyak mendapatkan ketidaksesuaian pembelajaran yang diimplementasikan guru dengan apa yang diharapkan peserta didik. Sebagian besar terdapat peserta didik belum tekun dalam menghadapi tugas, hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan, masih banyak peserta didik kebingungan dan bertanya kepada temannya yang lain tanpa ada usaha sendiri untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik juga belum terlihat ulet dalam menghadapi kesulitan/ tugas, hal ini diterlihat ketika peserta didik diberi pertanyaan dari guru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Resiprokal dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika materi bangun segi banyak kelas IV-5 di MIN 4 Jombang? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Matematika bangun segi banyak kelas IV-5 di MIN 4 Jombang dengan menggunakan strategi Resiprokal? Metode penelitian dalam skripsi ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 29 siswa dan tempat penelitian di MIN 4 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi guru dan siswa, Tes tulis dan dokumentasi. Penerapan strategi resiprokal dalam meningkatkan motivasi belajar Matematika materi bangun segi banyak kelas IV-5 di MIN 4 Jombang sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan perolehan aktivitas guru dan peserta didik. Perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 64,7% kemudian dilakukan perbaikan meningkat pada siklus II menjadi 88,15% . Hasil nilai aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 68,5% dan mengalami peningkatan menjadi 84,72% pada siklus II, Peningkatan motivasi belajar yaitu dengan melihat tingkat ketuntasan skala motivasi peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan hanya sebesar 71% dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase skala motivasi peserta didik 82,16%, sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya peserta didik pada awal dari siklus I yang mendapat 68,2 kriteria cukup dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80 termasuk baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arridlo, Mohamad BasyarudinBasyarudinarridlo25@gmail.comD97215097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Keywords: Penerrapan Strategi: Resiprokal: Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arridlo M. Basyarudin
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:40
Last Modified: 07 Aug 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33662

Actions (login required)

View Item View Item