Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal melalui Media Pasir pada Siswa Kelompok “A” di Taman Kanak-Kanak Al Falahiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Ainul (2019) Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal melalui Media Pasir pada Siswa Kelompok “A” di Taman Kanak-Kanak Al Falahiyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Hidayah_D98215048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang meningkatnya kemampuan menulis awal pada siswa kelompok A1. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis, menunjukkan bahwa 10 siswa masih belum berkembang atau mulai berkembang dan 4 siswa mampu menulis dengan baik. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media pasir untuk meningkatkan kemampuan menulis awal? dan bagaimana peningkatan kemampuan menulis awal melalui media pasir pada siswa kelompok A1 di Taman Kanak-kanak Al-Falahiyah Lamongan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan media pasir untuk meningkatkan kemampuan menulis telah terbukti berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari observasi penerapan media pasir sebanyak 92,30. Nilai tersebut masuk pada kriteria sangat baik dengan penilaian 90-100. 2) terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis anak dengan menggunakan media pasir. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang berkembang pada siklus I 28,5 (Mulai Berkembang) meningkat pada siklus II menjadi 78,5 (Berkembang sangat baik) dan memenuhi indikator yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Ainulainulhidayah73@gmail.comD98215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan menulis; media pasir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hidayah Ainul
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:22
Last Modified: 07 Aug 2019 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33688

Actions (login required)

View Item View Item