Penafsiran Ummatan Wasatan Perspektif Sayyid Quthb dalam Tafsir Fi Zilal Alquran: analisis surah al-Baqarah ayat 143

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumairoh, Andini Nurul (2019) Penafsiran Ummatan Wasatan Perspektif Sayyid Quthb dalam Tafsir Fi Zilal Alquran: analisis surah al-Baqarah ayat 143. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Nurul Chumairoh_E03215006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ummatan wasatan adalah umat pertengahan, yang belakangan ini hangat dibicarakan karena banyaknya pertikaian antar umat yang timbul yang disebabkan perbedaan cara pandang. Al-Qur’an memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan adanya ummatan wasatan. Kehadirannya ialah sebagai petunjuk dalam hal bertindak dan berpikir dengan konsep wasat. Penelitian ini terfokus pada kajian penafsiran ummatan wasatan perspektif Sayyid Quthb yang dikenal dengan tokoh fundamental dan dilatarbelakangi kehidupan penuh perjuangan dan ketertarikannaya dalam karya tulis serta aktifis politik. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang mana dalam segi penyajiannya menggunakan tehnik deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penafsiran Sayyid Quthb dalam menafsirkan kalimat ummatan wasatan dalam surah Al-Baqarah ayat 143 serta implementasi ummatan wasatan menurut Sayyid Qutb dalam tafsir Fi Zilal Alquran. Adapun penafsiran Sayyid Quthb bahwa ummatan wasatan adalah umat pertengahan yang adil. Umat Islam yang seimbang yang bisa dibawa dalam berbagai persepsi. Sayyid Quthb memiliki aspek tertentu sebagai patokan perilaku seorang umat Islam dalam berperilaku wasat antara hati, pemikiran serta individu dan bermasyarakat. Pemikiran Sayyid Quthb terkait ummatan wasatan sejalan dengan situasi dan kondisi di nusantara saat ini dan cukup konsisten menggunakan pendekatannya sosial kemasyarakatan dalam menafsirkan Alquran. Implementasi pada era kontemporer dari term ummatan wasatan dalam tafsiar Fi Zilal Alquran ialah ialah bersikap adil mulai dari diri sendiri dan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumairoh, Andini Nurulandininurulch@gmail.comE03215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ummatan Wasatan; Fi Zilal Alquran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Chumairoh Andini Nurul
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:12
Last Modified: 08 Aug 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33691

Actions (login required)

View Item View Item