Kritik slogan "NKRI harga mati": analisis teori objektivisme Louis Paul Pojman sebagai kritik Utilitarianisme John Stuart Mill

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakti, Abimanyu Andhika (2019) Kritik slogan "NKRI harga mati": analisis teori objektivisme Louis Paul Pojman sebagai kritik Utilitarianisme John Stuart Mill. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abimanyu Andhika Sakti_E21215056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menelaah sejauh mana perkembangan slogan NKRI Harga Mati telah dijadikan ideologi utama oleh kelompok mayoritas demi tercapaianya suatu hasil yang menjadi tujuan. Beberapa kontra diksi didalamnya memperlihatkan adanya kejanggalan bahwa slogan NKRI Harga Mati telah mengalami depolitisasi dari ajakan untuk mencintai tanah air menjadi seruan keberpihakan terhadap salah satu kandidat pemilihan tertentu. Berangkat dari prinsip-prinsip dari teori Utilitarianisme John Stuart Mill dalam mengamati permasalahan seputar NKRI Harga Mati, skripsi ini disusun untuk meneliti sejauh mana utilitarian dapat mengakomodir sebuah kepentingan lapisan masyarakat. Walaupun pada akhirnya akan diperlihatkan kelemahan teori Utiltarianisme Mill dalam mengawal kepentingan rakyat. Tidak lain disebabkan konsep kebahagiaan dan keadilan yang digagas oleh Mill lebih mengutamakan kebahagiaan mayoritas sekalipun minoritas harus dikorbankan. Dikarenakan slogan tersebut belum mengakomodir keseluruhan elemen masyarakat untuk mendapatkan sebuah hak keadilan, kemaslahatan dan kebahagiaan bersamaa. Disini penulis menarik fenomena slogan NKRI Harga Mati dengan teori Utilitarianisme John Stuart Mill yang berpatokan pada kebahagiaan kelompok mayoritas sehingga teori Objektivisme Pojman digunakan untuk mengkritik teori Utilitarianisme Mill dalam fenomena slogan tersebut. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mendasarkan pada data Library Research kemudian data tersebut dikemas dalam bentuk deskriptif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakti, Abimanyu AndhikaAbimanyuandhikasakti@gmail.comE21215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, SuhermantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUmam, Muchammad HelmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Demokrasi
Keywords: Slogan NKRI Harga Mati
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sakti Abimanyu Andhika
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:23
Last Modified: 29 Aug 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33697

Actions (login required)

View Item View Item