Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyah, Ayyinatus (2019) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayyinatus Shofiyah_B03215007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Lamongan? (2) Bagaimana hasil Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Lamongan? Berkaitan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Analisis yang digunakan tersebut untuk mengetahui proses serta keberhasilan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Lamongan serta membandingkan keadaan konseli sebelum dan sesudah mendapatkan konseling melalui pendekatan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dokumen hasil observasi dan wawancara dari konseli serta informan. Adapun proses pelaksanaan terapi realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Lamongan yakni dengan melalui beberapa tahapan yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi / follow up. Adapun teknik yang digunakan pada proses treatment adalah menggunakan teknik WDEP (Want, Doing/Direction, Evaluation dan Planning). Kemudian konselor juga memberikan motivasi sebagai penguatan terhadap rencana-rencana yang sudah disepakati antara konselor dan konseli. Hasil akhir dari proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam meningkatkan kedisiplinan diri seorang santri di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’alimin Lamongan dalam penelitian ini mendapatkan hasil persentase 75 % dan bisa dikatakan cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli menjadi lebih baik seperti sudah mulai mengikuti shalat berjamaah, mengikuti ngaji Al-Qur’an, tidak keluar pondok tanpa izin, dan kadang-kadang melaksanakan jadwal piket.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyah, Ayyinatusayyin.fiya@gmail.comB03215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, RudyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Disiplin Sekolah
Keywords: Terapi Realitas; Kedisiplinan Diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ayyinatus Shofiyah
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:37
Last Modified: 06 Aug 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33713

Actions (login required)

View Item View Item