Harmoni Sosial Keagamaan pada Masyarakat Plural di Dusun Jepit Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Idza Faza (2019) Harmoni Sosial Keagamaan pada Masyarakat Plural di Dusun Jepit Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idza Faza Fitriyah_E02215009.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skipsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Harmoni Sosial Keagamaan Pada Masyarakat Plural di Dusun Jepit Banyuwangi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui awal mula perkembangan harmoni sosial keagamaan ditengah masyarakat dusun yang mempunyai beragam agama yaitu, Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha. Serta memahami, menganalis, dan mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kegiatan harmoni sosial keagamaan, dan faktor apa saja yang mendukung maupun menghambat terbentuknya sosial keagamaan di masyarakat. Penelitian lapangan ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis untuk mendalami sikap sosial-keagamaan serta pengalaman keagamaan masyarakat dusun, dan pendekatan fenomenologis untuk mengetahui fakta, kejadian, fenomena, kegiatan, interaksi, dan data yang ada di dusun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari objek penelitian yaitu beberapa masyarakat dan tokoh agama yang sudah lama menetap di dusun Jepit, serta beberapa warga yang tinggal disekitar dusun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Talcott Parsons tentang struktural fungsional. Penelitian ini berusaha untuk mencari titik awal bagaimana harmoni sosial keagamaan dapat tercipta dan bertahan dengan stabil sehingga dapat menciptakan kerukunan. Namun dengan penelitian ini, penulis dapat simpulkan masyarakat dusun Jepit memiliki kesadaran untuk saling membantu sesama masyarakat dan pada akhirnya mendorong kepada sikap toleransi, menerima, dan saling memahami satu sama lain, sehingga keharmonisan serta kerukunan dapat meliputi kehidupan masyarakat sehari-hari hingga saat ini dan menjadi panutan dusun-dusun yang ada disekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Idza Fazafi313610@gmail.comE02215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawi-UNSPECIFIED
Thesis advisorSetiyani, Wiwik-UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Fitria Idza Faza
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:06
Last Modified: 08 Aug 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33725

Actions (login required)

View Item View Item