Implementasi etika produksi islam dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di cv sambal khas bu ayu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Anggi (2019) Implementasi etika produksi islam dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di cv sambal khas bu ayu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggi Anggraini_G04215004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Etika Produksi Islam dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di CV. Sambal Khas Bu Ayu” ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yakni: bagaimana implementasi etika produksi dalam perspektif Islam di CV. Sambal Khas Bu Ayu dan bagaimana dampak implementasi etika produksi Islam dalam meningkatan kepuasan pelanggan di CV. Sambal Khas Bu Ayu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi secara langsung kegiatan produksi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa implementasi etika produksi di CV. Sambal Khas Bu Ayu telah menerapkan nilai dasar etika dalam kegiatan produksi, yakni nilai keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan. Selain itu, juga terdapat nilai tambahan etika produksi dalam perspektif Islam yang diterapkan, yakni nilai itikad baik, menjamin mutu barang, dan memperikan kesempatan kepada konsumen untuk menguji dan mencoba produk. Namun, ada salah satu nilai etika yang belum terlaksana secara maksimal, yakni pada etika memberikan informasi yang transparan terkait komposisi pada produk. Dengan diterapkannya etika produksi Islam di CV. Sambal Khas Bu Ayu telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada pelayanan dan mutu produk di CV. Sambal Khas Bu Ayu. Dari penjelasan hasil penelitian di atas, saran kepada CV. Sambal Khas Bu Ayu adalah implementasi etika produksi yang sesuai dengan perspektif Islam di CV. Sambal Khas Bu Ayu ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sehingga usaha yang dijalankan akan semakin berkah dan semakin mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Anggianggianggraini1903@gmail.comG04215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.com197608132006042002
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sambal Ayu; Etika Produksi: Kepuasan pelanggan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggraini Anggi
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:26
Last Modified: 09 Aug 2019 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33731

Actions (login required)

View Item View Item