Fenomena hijrah di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Bakhrul (2019) Fenomena hijrah di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bakhrul Fuad_E01214003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mencoba mengangkat tema perihal fenomena hijrah kekinian di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Fenomena-fenomena seperti ini tentunya baru-baru muncul di level kampus, gerakan ini juga diikuti dengan maraknya penggunaan media sosial. Di mana pesan-pesan atau konten-konten hijrah didapat oleh para pelaku hijrah kebanyakan memang awalnya dari media sosial. Namun pemaknaan hijrah sendiri menariknya memunculkan beberapa definisi yang berbeda-beda. Perbedaan pemahaman akan hijrah inilah yang membuat peneliti menaruh minat untuk meneliti realitas tersebut. Penulisan skripsi ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Analisa yang digunakan untuk mengkaji objek material yang diangkat menggunakan fenomenologi Edmund Husserl, Selanjutnya hasil dari penelitian ini ingin membedakan pola pemahaman akan hijrah serta motif di baliknya, khususnya apakah memang gerakan ini muncul dari kesadaran diri para pelaku hijrah. Bahwa hijrah dalam konteks mahasiswa Universitas Sunan Ampel mempunyai motif beragam, mulai motif diri sendiri, motif karena ajakan teman, sampai motif dari pengaruh media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, BakhrulBakhrulfuad190@gmail.comE01214003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Hijrah Mahasiswa; Fenomenologi; Reduksi Fenomenologi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fuad Bakhrul
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:18
Last Modified: 05 Apr 2021 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33737

Actions (login required)

View Item View Item