Peningkatan kreativitas menggambar melalui metode finger painting pada kelompok A TK Alif Surabaya Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meuthia, Navisah (2019) Peningkatan kreativitas menggambar melalui metode finger painting pada kelompok A TK Alif Surabaya Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Navisah Meuthia_D08215009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kreativitas menggambar pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Alif Surabaya Rungkut. Nilai rendah pada kreativitas menggambar ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa siswa yang masih perlu bimbingan 70 %, sedangkan 30 % siswa belum mampu menggambar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode finger painting dalam meningkatkan kemampuan menggambar dan untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas menggambar menggunakan finger painting pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Alif Surabaya, Rungkut Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kurt Lewin. Pada penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara, penilaian non tes serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Penggunaan metode finger painting berkembang sangat baik pada siklus II, dalam meningkatkan kreativitas menggambar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 86,36 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), sedangkan pada siklus II meningkat mendapatkan nilai 95.45 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil observasi aktivitas anak pada siklus I memperoleh nilai 65,9 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan memperoleh nilai 88,6 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hal ini karena peneliti dan guru selalu memperhatikan dan memotivasi setiap kemampuan pada diri anak, sehingga anak juga merasa terpenuhi dalam menyelesaikan tugas dengan baik. 2) Proses kegiatan pembelajaran kreativitas menggambar dengan finger painting mengalami peningkatan di setiap siklusnya, hal ini dapat dilihat pada tahap siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,7 dengan kategori Mulai Berkembang (MB), pada tahap siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,5 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). 3) Adanya peningkatan kreativitas menggambar setelah diterapkannya metode finger painting dari hasil ketuntasan belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada siklus I memperoleh persentase sebesar 46,6% dengan kategori Mulai Berkembang (MB) kemudian pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase sebesar 86,6 % dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meuthia, Navisahnavisahmeuthia14@gmail.comD08215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com197309102007011017
Thesis advisorAl Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo, Al Qudus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIED197311162007101001
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kreativitas Menggambar; Finger Painting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Meuthia Navisah
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:03
Last Modified: 13 Aug 2019 06:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33759

Actions (login required)

View Item View Item