Metodologi kitab tafsir ul Quran: translation and commentary of the holy Quran karya Maulana Abdul Majid Daryabadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andini, Aprilia Dewi (2019) Metodologi kitab tafsir ul Quran: translation and commentary of the holy Quran karya Maulana Abdul Majid Daryabadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Dewi Andini_E03215009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wacana tentang metodologi tafsir Alquran memang bukan suatu hal yang baru dalam sejarah umat Islam. Perkembangan tafsir di era kontemporer juga tidak lepas dari pengaruh arus globalisasi, dimana penafsiran ayat-ayat Alquran memiliki kecenderungan kritis-ilmiah dan sudah diwarnai pendekatan hermeneutis yang lebih bersifat kritis-filosofis. Perbedaan pola pikir dan cara pandang mufassir memicu terjadinya beragam penafsiran. Tak lain juga dalam melakukan pendekatan, metode, dan corak yang digunakan, yang dihasilkan pun akan menjadi berbeda-beda. Begitu pula dalam Kitab Tafsir-Ul-Qur’an: Translations and Commentary the Holy Qur’an karya Maulana Abdul Majid Daryabadi, Ia berusaha mengkritisi isi dari Alkitab dan membandingkannya dengan Alquran. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu mengumpulkan data-data yang diperlukan baik berupa buku, jurnal, kamus, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, yang dalam segi penyajiannya menggunakan teknik deskriptif analistis. Metode yang digunakan dalam menafsirkan kitab Tafsir-Ul-Qur’an karya Maulana Abdul Majid Daryabadi yaitu metode ijmali yang menafsirkan dengan sangat ringkas dan mengikuti urutan mush}af Ustmani. Lalu bentuk penafsirannya termasuk bi al-Ra’yi yang menafsirkan Alquran dengan menggunakan akal pikiran sebagai pendekatan utamanya. Dan corak yang mendominasi yaitu Ilmi (yang dicontohkan dalam surah al-Anbiya’ ayat 30) dan Sufi (dalam surah al-Isra’ ayat 85).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andini, Aprilia Dewiadew.andini@gmail.comE03215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadiadew.andini@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorIwanebel, S.Th.I, M.Hum, Fedjrian Yazdajirdadew.andini@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Kitab Suci
Keywords: Tafsir ul Quran; Daryabadi; Metodologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Andini Aprilia Dewi
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:19
Last Modified: 07 Aug 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33761

Actions (login required)

View Item View Item