Penggunaan Metode Bermain Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Unggulan An Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ani, Iis Rofiatul (2019) Penggunaan Metode Bermain Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Unggulan An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iis Rofiatul Ani_D98215025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan pada siswa kelompok B dalam membaca kata benda di Taman Kanak-kanak Unggulan An-Nur Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa dalam membaca kata benda Alat Masak, Alat Komunikasi, Alat Kebersihan, bahwa siswa yang tidak tuntas sebesar 23,80% (Mulai Berkembang) dan 52,38% (Belum Berkembang). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan metode bermain kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bergambar benda Alat Masak, Alat Komunikasi, Alat Kebersihan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca kartu kata bergambar benda Alat Masak, Alat Komunikasi, Alat Kebersihan setelah penggunaan metode bermain kartu kata bergambar pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Unggulan An-Nur Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Ikurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut : Penggunaan metode bermain kartu kata bergambar berkembang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa terlihat berkembang yaitu bisa dilihat mulai dari pra siklus, sampai tindakan siklus I dan siklus II yang sudah dilakukan pada saat pembelajaran. Bisa dilihat dari kemampuan membaca mulai pra siklus sebesar 14 % dan kemudian di penelitian selanjutnya yaitu siklus 1 sebesar 47,61%. Dan kemudian di Penelitian Tindakan Kelas pada siklus yang ke II mengalami peningkatan sebanyak 90%. Sehingga penelitian dengan menggunakan kartu kata bergambar yaitu mengalami peningkatan ynag sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ani, Iis Rofiatuliisanie61@gmail.comD98215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAzis, YahyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ani Iis Rofiatul
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:07
Last Modified: 12 Aug 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33767

Actions (login required)

View Item View Item