Implementasi manajemen keuangan pendidikan model bank di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Idrus, Zain (2019) Implementasi manajemen keuangan pendidikan model bank di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Qulub Tawar Gondang Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zain Al Idrus_D03215036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya dana pendidikan, akan tetapi dapat digunakan secara efektif dan efisien dengan menerapkan manajemen keuangan pendidikan model bank. Yayasan Pondok pesantren Miftahul Qulub Tawar merupakan pesantren yang bersifat terpadu, baik dari segi kelembagaan maupun dari segi manajemen keuangannya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui terkait implementasi model bank di YPPMQ, implementasi manajemen keuangan pendidikan model bank di YPPMQ, serta kelebihan dan kelemahan implementasi manajemen keuangan pendidikan model bank di YPPMQ. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengunkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Impementasi model bank di YPPMQ dengan mengunakan unsur dan produk bank syari’ah dengan mengintegrasikan keuangan di YPPMQ yang bernama Bank Yayasan. Produk perbankan yang digunakan berupa Produk bank syari’ah, seperti: Wadi’ah (titipan) yang berupa tabungan yang ada di unit formal Paud Terpadu dan MI, Ijarah (sewa), Musyarakah (persekutuan). Kegiatan bank yayasan meliputi menghimpun dana dan menyalurkannya. Implementasi Manajemen Keuangan Pendidikan Model Bank di YPPMQ berupa mengidentifikasi beberapa tahap, yakni tahap perencaan dengan membuat Rencana Anggaran Pondok dan Belanja Pondok (RAPBP), pelaksaan yang ditransfer ke unit YPPMQ, evaluasi, pertanggung jawaban dan pelaporan keuangan dengan pembuatan laporan pertanggung jawaban oleh pihak unit dan Panitia Aktivitas Tahunan (PANTAS) di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Qulub Mojokerto. Sedangkan kelebihan manajemen keuangan pendidikan model bank di YPPMQ meliputi Yayasan dapat mengunakan keuangan yang ada demi kemaslahatan pendidikan di Miftahul Qulub, Pihak unit pendidikan dapat mencairkan dana kapanpun tanpa takut tidak adanya dana, Uang yang ada di bank yayasan dijamin aman, Mengantisipasi kebocoran. Sedangkan kekurangannya adalah bagi pengurus unit yang baru mengalami kesulitan dalam proses pencairan dana, dikarenakan prosedur yang terbilang sistematis. Dan juga kekurangannya untuk proses pencairan dan penyetoran dana menunggu petugas dari pihak bank yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Idrus, Zainzainzenki197@gmail.comD03215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Al Idrus Zain
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:00
Last Modified: 21 Aug 2019 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33774

Actions (login required)

View Item View Item