Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Adzan Subuh Menghempas Cinta karya Ma'mun Affany

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhajir, Hanan (2019) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Adzan Subuh Menghempas Cinta karya Ma'mun Affany. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanan Muhajir_D91215053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1. Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam novel adzan subuh menghempas cinta karya ma’mun Affany? 2. Bagaimana relevansinya dengan 18 nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas tahun 2010 ? Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu sebuah penelitian yang berusaha mengungkapkan fenomena atau peristiwa yang terjadi. Penelitian deskriptif dirancang untuk memperoleh informasi tentang status gejala saat penelitian dilakukan. Langkah-langkah yang dilakukan penulis dalam mengumpulkan data yang akan diteliti adalah observasi. Dalam kegiatan observasi ini penulis membaca novel yang diteliti secara berkali-kali. Setelah membaca secara berkali-kali penulis mulai memahami dan mencermati isi novel. Kemudian penulis mulai melakukan langkah dokumentasi dengan melakukan pengkodean terhadap dialog atau latar yang mengandung unsur pendidikan karakter, untuk lebih mempermudah penelitian tersebut. Dengan demikian Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa disetiap novel harus memiliki unsur-unsur nilai pendidikan karakter. Karena pendidikan karakter sangat diperlukan dalam kehidupan bersosial dalam masyarakat. Karena novel merupakan bacaan yang ringan dan banyak diminati oleh berbagai kalangan, maka bagi para sastrawan diharapkan untuk mementingkan nilai-nilai pendidikan karakter disetiap karyanya. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan 29 nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel yang penulis teliti. Dari 29 nilai tersebut penulis mencoba merelevansikan dengan 18 nilai karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas tahun 2010. Setelah penulis relevansikan terdapat 23 nilai dalam novel relevan dengan 17 nilai karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas tahun 2010. Selain nilai-nilai yang relevan terdapat juga beberapa nilai yang tidak relevan dengan 18 nilai karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas. Beberapa karakter tersebut juga patut untuk dicontoh dalam bertindak dilingkungan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhajir, Hananhanannoelaalfa@gmail.comD91215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, SyaifuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Novel; Pendidikan karakter; karya sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhajir Hanan
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:07
Last Modified: 10 Sep 2020 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33833

Actions (login required)

View Item View Item