PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MAHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HIKMAH NGROWO BANGSAL MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma’rufah., Ma’rufah. (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MAHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HIKMAH NGROWO BANGSAL MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) adalah merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok besar dengan jumlah anggota 8-10 orang siswa secara heterogen
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimanakah Hasil Belajar IPA kelas V Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan di MI Mambaul Hikmah Ngrowo Bangsal Mojokerto sebelum diterapankan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) ? b. Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan pada Siswa V MI Mambaul Hikmah Ngrowo Bangsal Mojokerto ? c. Bagaimana peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan pada Siswa kelas V MI Mambaul Hikmah Ngrowo Bangsal Mojokerto melalui penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) ?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V MI Mambaul Hikmah Ngrowo Bangsal Mojokerto. Data yang diperoleh berupa hasil tes ujian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari data hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar 60,5 % pada siklus I menjadi 84,2 % pada siklus kedua Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan kelas V MI Mambaul Hikmah Ngrowo Bangsal mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD )

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni’matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma’rufah., Ma’rufah.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:53
Last Modified: 15 Jan 2016 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3384

Actions (login required)

View Item View Item