Perilaku Keagamaan Skizofrenia Residual: studi kasus "HT") di Yayasan Panti Rehabilitas Mental Al Hafizh Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Erina Arif (2019) Perilaku Keagamaan Skizofrenia Residual: studi kasus "HT") di Yayasan Panti Rehabilitas Mental Al Hafizh Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erina Arif Fikriyah_E02215005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Gejala Skizofrenia pada “HT” yang mana melalui proses penyembuhan di yayasan rehabilitas mental Al-Hafizh di Sidoarjo, dan mengetahui bagaimana perilaku keagamaan “HT” dalam menjalani kegiatan keagamaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku keagamaan pada penderita Skizofrenia residual “HT” dalam menjalani kegiatan keagamaan, dalam menjalaninya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data di Yayasan Panti Rehabilitas dengan melakukan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi melakukan sebuah pengamatan pada objek yang dituju, wawancara menanyakan kepada pihak subjek secara langsung dan mencatat keadaan sekeliling obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan Teori behaviorsme (perilaku) B.F.Skinner tentang Operant Conditioning, mengenai Reinforcement dan Shaping. Hasil penelitian menurut B.F. Skinner, operant Conditioning disini berperan bahwa menggunakan suatu proses penguatan perilaku operan yang bisa berdampak dalam perilaku tersebut dapat berulang-ulang kembali, salah satunya dalam perilaku Skizofrenia dan keagamaannya. Yang melakukan sebuah perubahan, misalnya dari yang tidak melakukan keagamaan seperti shalat, puasa, dan lain sebagainnya. meskipun “HT” tidak melakukannya secara teratur. Setidaknya ia memiliki rasa keinginan untuk menjalankannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Erina Ariferinafikriyah81@gmail.comE02215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, WiwikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSuwarko, AndiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Fikriyah Erina Arif
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:58
Last Modified: 08 Aug 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33841

Actions (login required)

View Item View Item