Fitoremediasi Air Tercemar Timbal (Pb) menggunakan tanaman Apu-Apu (Pistia Stratiotes) dengan Sistem Kontinyu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfitriana, Febri (2019) Fitoremediasi Air Tercemar Timbal (Pb) menggunakan tanaman Apu-Apu (Pistia Stratiotes) dengan Sistem Kontinyu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febri Nurfitriana_H75215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan timbal (Pb) sebagai pendukung kegiatan industri maupun domestik menghasilkan sisa limbah yang menyebabkan pencemaran air permukaan. Untuk itu diperlukan pengolahan air limbah salah satunya menggunakan teknologi fitoremediasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi penyerapan logam berat timbal pada tanaman apu-apu (Pistia Stratiotes) dan jumlah tanaman yang efisien untuk menurunkan konsentrasi limbah timbal dalam air tercemar. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan sistem Kontinyu. Variasi jumlah tanaman, yaitu 3 (tiga) dan 5 (lima) tanaman. Waktu tinggal limbah, yaitu 4, 8, dan 12 hari. Limbah timbal yang digunakan yaitu limbah timbal artifisial dengan konsentrasi 5 mg/L. Hasil penelitian menunjukkan tanaman apu-apu mampu meremoval limbah timbal dengan baik. Jumlah 5 (lima) tanaman lebih efisien digunakan pada proses fitoremediasi karena mampu meremoval limbah timbal sebesar 88.3% dibandingkan dengan 3 (tiga) tanaman yang hanya mampu meremoval limbah sebesar 75.9%. Terdapat perbedaan efisiensi penyerapan limbah karena tanaman apu-apu merupakan tanaman hiperakumulator yang mampu menyerap limbah logam berat timbal pada air tercemar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfitriana, Febrifebrinurfitriana571@gmail.comH75215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, YusriantiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNilandita, WidyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; Apu-apu; Sistem Kontinyu; Timbal; Pb
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nurfitriana Febri
Date Deposited: 08 Aug 2019 05:02
Last Modified: 08 Aug 2019 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33883

Actions (login required)

View Item View Item