Peningkatan pemahaman kosa kata materi alat al Muwasalat mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi pada siswa Kelas II E MI Al Fithrah Kedinding Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nurul (2019) Peningkatan pemahaman kosa kata materi alat al Muwasalat mata pelajaran Bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi pada siswa Kelas II E MI Al Fithrah Kedinding Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fitriyah_D97215105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa Kelas II E MI Al-Fithrah Kedinding Surabaya pada pembelajaran bahasa Arab materi Alat Al-Muwasalat. Hal ini dapat diketahui dari rekapitulasi nilai siswa yang tuntas pada ra siklus. Jumlah 31 siswa, 14 siswa saja yang mendapatkan nilai tuntas. sedangkan 17 siswa lainnya belum mencapai nilai tuntas. Metode bernyanyi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan dapat membangkitkan rasa antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemahaman kosa kata mata pelajaran bahasa Arab materi Alat Al-Muwasalat kelas II E MI Al-Fithrah Kedinding Surabaya sebelum menggunakan bernyanyi. 2) Mengetahui penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan pemahaman kosa kata mata pelajaran bahasa Arab materi Alat Al-Muwasalat kelas II E MI Al-Fithrah Kedinding Surabaya. 3) Mengetahui peningkatan pemahaman kosa kata materi Alat Al-Muwasalat mata pelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas II E MI Al-Fithrah Surabaya. Model penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang digagas oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 31 siswa kelas II E MI Al-Fithrah Kedinding Surabaya. Dalam tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian Tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode bernyanyi pada materi Alat Al-Muwasalat mata pelajaran bahasa Arab dilakukan 2 siklus. Hasil dari observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 84,6 (Baik) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 92,3 (Baik). Sedangkan hasil dari observasi siswa pada siklus I dengan nilai 75 (Cukup) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 89 (Baik). 2) Adapun peningkatan persentase ketuntasan pemahaman siswa pada Pra Siklus dengan nilai 41,16% (Sangat Kurang), Siklus I dengan nilai 58,06 (Kurang), dan Siklus II semakin meningkat menjadi 87,09% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nurulnurulfitriyah023@gmail.comD97215105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriyah Nurul
Date Deposited: 08 Aug 2019 05:08
Last Modified: 08 Aug 2019 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item