Analisis pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) di KSPPS Cahaya Pundi Sakinah desa Leran Kulon kecamatan Palang kabupaten tuban dalam perspektif Ekonomi Islam : studi kasus pada anggota Aisyiyah Ranting Leran Kulon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indarti, Sri (2019) Analisis pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) di KSPPS Cahaya Pundi Sakinah desa Leran Kulon kecamatan Palang kabupaten tuban dalam perspektif Ekonomi Islam : studi kasus pada anggota Aisyiyah Ranting Leran Kulon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
SRI INDARTI_G04215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan program SPP dalam upaya meningkatkan perekonomian anggota Aisyiyah di KSPPS Cahaya Pundi Sakinah, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh KSPPS Cahaya Pundi Sakinah dalam proses pemberdayaan ekonomi perempuan, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam mengenai pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program SPP di KSPPS Cahaya Pundi Sakinah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan. Wawancara dilakukan dengan tiga orang pengurus dan enam anggota KSPPS Cahaya Pundi Sakinah yang mendapatkan pinjaman modal usaha untuk menggali permasalahan yang peneliti angkat. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM, pendapatan, tabungan, konsumsi, dan produksi anggota KSPPS Pundi Sakinah setelah anggota mendapatkan pinjaman SPP. Kendala yang dihadapi KSPPS Cahaya Pundi Sakinah antara lain: kurang tersedianya SDM yang berkualitas, penggunaan pinjaman modal yang tidak sesuai, dan kurang lancarnya anggota dalam pengangsuran. Tinjauan ekonomi Islam terhadap program SPP KSPPS Cahaya Pundi Sakinah sudah sesuai dengan prinsip pemberdayaan ekonomi perempuan perspektif ekonomi Islam antara lain: prinsip al-‘adl, prinsip persamaan, prinsip partisipasi, prinsip etos kerja, dan prinsip ta’awun. Sedangkan dalam perhitungan pembiayaan mudlarabah sudah sesuai dengan fatwa DSN MUI No.15/DSN-MUI/IX/2000.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indarti, Srisriindarti826@gmail.comG04215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahdigilib@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Mudarabah
Ekonomi Islam
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan; Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP); Ekonomi Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indarti Sri
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:31
Last Modified: 09 Aug 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item