المحسنات المعنوية فى سورة المائدة: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofi'ah, Hidayatus (2019) المحسنات المعنوية فى سورة المائدة: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatus Sofi'ah_A71215064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhassinat Maknawiyah dalam Surat Al-Maidah
Al-Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat, membacanya merupakan ibadah, yang diriwayatkan secara mmutawatir, tertulis dalam lembaran-lembaran, yang diawalai dari surat al-Fatihah dan berakhir sampai pada surat an-Nas. Ilmu Balaghah adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menyusun kalimat dengan baik dan bagaimana mengucapkannya secara benar. Dalam ilmu balaghah dibagi menjadi tiga bagian yaitu : ilmu bayan, ilmu ma’ani dan ilmu badi’. Ilmu badi’ adalah suatu ilmu yang dengannya dapat diketahui bentuk-bentuk keutamaan-keutamaan yang dapat menambah nilai keindahan dan estetika suatu ungkapan, ilmu badi’ merupakan penghias lafadz atau makna yang dinamakan muhassinat lafdziyah dan muhassinat maknawiyah. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah muhassinat maknawiyah, yang di ambil dari Al-qur’am surat al-Maidah. Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah (1) Bagimana bentuk thibaq dalam surat al-Maidah (2) bagaimana bentuk muqobalah dalam surat al-Maidah. Dalam permasalahan tersebut peneliti dapat menjawab dengan menggunakan metode kulitatif. Setelah melakukan analisis dari data-data yang telah di dapatkan tersebut, sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa didalam surat al-Maidah terdapat 30 ayat yang berupa thibaq, yaitu tediri dari thibaq ijabi dan thibaq salabi, dan juga didalam surat al-Maidah terdapat 9 ayat yang berupa muqhobalah yang terdiri dari muqobalah itsnani bi itsnani dan tsalasah bitsalasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofi'ah, Hidayatushidayahsofiah0590@gmail.comA71215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodiq, Machfud MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sofi'ah Hidayatus
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:38
Last Modified: 09 Aug 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33978

Actions (login required)

View Item View Item