Upaya deradikalisasi agama melalui seni pencak silat: studi fenomenologi Pagar Nusa PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustianto, Irfan Tovani (2019) Upaya deradikalisasi agama melalui seni pencak silat: studi fenomenologi Pagar Nusa PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irfan Tovani Agustianto_E71214039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana upaya deradikalisasi agama melalui seni pencak silat pada Pagar Nusa di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang? 2) Bagaimana analasis fenomenologi Edmund Husserl terhadap fenomena deradikalisasi agama melalui seni pencak silat pada Pagar Nusa di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang?. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil Penelitian menunjukkan upaya deradikalisasi agama melalui seni pencak silat Pagar Nusa di PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Kelompok-kelompok radikalisme agama yang sering menjadi pelaku tindakan pembunuhan, pengeboman, dan kekerasan. Gerakan ini dikatakan radikal karena lebih mengedepankan pemahaman literal terhadap teks dan cenderung mudah menggunakan kekerasan dalam memaksakan pemahaman mereka. Karena itulah saat ini menjadi penting bagi pencak silat Pagar Nusa untuk mengupayakan pendekatan kultural budaya Indonesia. Hasilnya untuk mengajak bersama-sama menjaga dan mempertahankan keberagaman yang merupakan tradisi dari bangsa Indonesia. Karena dari adanya keberagaman tersebut dapat membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustianto, Irfan Tovanimen_sanji@yahoo.co.idE71214039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMahzumi, FikriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Pencak Silat
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Deradikalisasi Agama; Seni Pencak Silat; Fenomenologi Edmund Husserl
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Agustianto Irfan Tovani
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:12
Last Modified: 07 Aug 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33990

Actions (login required)

View Item View Item