Netralitas kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi karya MUI Sulawesi Selatan terhadap hukum dan teologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulina, Dina (2019) Netralitas kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi karya MUI Sulawesi Selatan terhadap hukum dan teologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Maulina_E93215099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, perkembangan tafsir di Indonesia telah merambah hingga keseluruh Nusantara. Pentingnya mengkaji tafsir di berbagai pulau Indonesia selain sebagai pengetahuan juga semakin mengeratkan asas Bhineka Tunggal Ika. Kajian ini berpusat pada Kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi karya MUI Sulawesi Selatan tentang asas kenetralannya saat berdialog dengan masyarakat pluralis Sulawesi Selatan. Oleh karenanya penelitian ini berusaha menjawab permasalahan yang diangkat, yakni: 1) Bagaimana karakteristik kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi dan 2) Bagaimana kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi merespon problematika dari ayat-ayat yang sensitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data-data kepustakaan (library research). Untuk menganalisis kenetralan penafsiran tim penulis MUI Sulawesi Selatan yang berasal dari berbagai organisasi (As’adiyah, DDI, NU, dan Muhammadiyah) khususnya ketika merespon ayat-ayat yang bersinggungan dengan masalah sensitif, maka penelitian ini dikaji menggunakan metode deskriptif-analisis, guna menjelaskan serta memaparkan hasil penelitian secara rinci dan komprehensif. Temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penafsiran dalam kitab Tafesere Akorang Mabbasa Ogi tidak memiliki arah kecenderungan tertentu atau netral. Metode yang di terapkan adalah tahlili dengan bentuk tafsir bi al ra’yi. Dalam penelitian ini ditemukan pula data bahwa dalam penyusunan kitab, tim penulis yang dibentuk MUI Sulawesi Selatan tidak berjalan dengan semestinya dikarenakan kesibukan masing-masing sehingga untuk jilid 3-11 dilanjutkan oleh ketua tim, yakni AGH. Abdul Muin Yusuf. Meski tak lagi dikerjakan oleh tim penulis nyatanya kitab tafsir ini tetap mengedapankan unsur netralitas sejalan dengan tujuan awal MUI Sulawesi Selatan yang mampu berdiri dan mengayomi segala perbedaan. Terbukti dari bagaimana kitab tafsir ini menyajikan penafsiran mengenai masa iddah pada jilid I (oleh tim penulis) dan tafsir mengenai ayat teologi pada jilid X (AGH. Muin Yusuf) tetap berjalan tanpa condong pada pemahaman manapun

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulina, Dinadinamaulinaaa.dm@gmail.comE93215099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarofah, MusyarofahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manuskrip
Teologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Tafesere Akorang Mabbasa Ogi; Kitab Tafsir Bugis; MUI Sulawesi Selatan; Netralitas; AGH. Abdul Muin Yusuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Maulina Dina
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:41
Last Modified: 16 Aug 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33993

Actions (login required)

View Item View Item