Peran Ayah dalam pembentukan karakter anak perspektif Alquran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Dinda Salsabila Amadea (2019) Peran Ayah dalam pembentukan karakter anak perspektif Alquran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Salsabila Amadea Hanifah_E93215100.pdf

Download (929kB)

Abstract

Ketidakhadiran sosok ayah secara psikologis dalam kehidupan anak secara tidak langsung mempengaruhi proses pembentukan karakter anak. Sebagian besar masyarakat masih menggap bahwa peran ayah hanyalah sebatas pencari nafkah. Padahal lebih dari itu, ayah memiliki peran yang besar terhadap tumbuh kembang anak. Di dalam Alquran terdapat kisah-kisah berkaitan dengan peran ayah terhadap anak yang dapat dijadikan petunjuk bagi seorang ayah. Oleh karanya tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penafsiran ayat-ayat tentang peran ayah dalam Alquran dan menjelaskan kontekstualisasi penafsiran ayat tentang peran ayah dalam pembentukan karakter anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Untuk menganalisis penafsiran peran ayah dalam pembentukan karakter anak ini, digunakan pendekatan metode deskriptif-analisis, yang dianalisis dengan menkontekstualisasikan ayat Alquran dengan permasalahan pada saat ini. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran ayah dalam Alquran adalah menjadi pemimpin, pelindung, mendoakan kebaikan untuk anak, memberi nasihat, memutuskan perkara dengan bijaksana serta mencurahkan rasa kasih. Dalam konteks agar anak dapat melewati tantangan zaman ini, seorang ayah harus dapat menjadi uswah, menunjukkan kasih sayang, membangun komunikasi yang harmonis. Mendidik anak berkaitan dengan materi tauhid dan akhlak. Seorang ayah juga harus memiliki sikap sabar dan tawakal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Dinda Salsabila Amadeadinda.salsabila393@gmail.comE93215100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorIchwayudi, BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Peran ayah; karakter anak; Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hanifah Dinda Salsabila Amadea
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:45
Last Modified: 13 Aug 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item View Item