Penguatan kurikulum pendidikan agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Ririn Ainun (2019) Penguatan kurikulum pendidikan agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ririn Ainun Rosyidah_D91215106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kurikulum pendidikan agama Islam bermuatan lokal di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana bentuk penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Apa faktor pendukung penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Apa faktor penghambat penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam bermuatan lokal di SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading (ALAZKA) Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat Kualitatif Deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan analisis domain digunakan sebagai pendukung. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada 12 program kegiatan yang digunakan untuk penguatan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) bermuatan lokal, yakni penambahan materi al-Qur’an Hadits dan bahasa Arab, tilawah al-Qur’an atau baca tulis al-Qur’an (BTQ), shalat dhuha, dzuhur dan Ashar secara berjamaah, pelatihan khitobah, program keputrian, ektrakurikuler tahfidz al-Qur’an, khatmil Qur’an, arabic day, kantin kejujuran, manasik Haji, serta program Jum’at bersih. Faktor yang mendukung penguatan kurikulum PAI bermuatan lokal di sekolah adalah lingkungan sekolah yang baik, guru atau pendidik yang kompeten dan tingginya motivasi dan semangat dari peserta didik. Proses pelaksanaan penguatan kurikulum PAI di sekolah juga mengalami kendala atau hambatan yang berasal dari dua faktor, yakni input peserta didik yang bervariatif dan kurangnya dukungan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Ririn Ainunririnainunr@gmail.comD91215106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSutikno, SutiknoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Penguatan Kurikulum; Muatan Lokal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosyidah Ririn Ainun
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:15
Last Modified: 16 Aug 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34011

Actions (login required)

View Item View Item