Kebebasan beragama di Rumah Tahanan Kelas 1 Surabaya di Medaeng Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fu'adah, Shobihatul (2019) Kebebasan beragama di Rumah Tahanan Kelas 1 Surabaya di Medaeng Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shobihatul Fu'adah_E02215021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut Universal Declaration of Human Rights (UDHR) memaknai kebebasan beragama sebagai hak untuk beragama, berpindah agama dan menjalankan ajaran agamanya secara sendiri maupun kelompok baik di tempat umum atau Pribadi. Dalam kovenan sipil dan politik pasal 18 tahun 1948 menyatakan setiap seseorang berhak mendapatkan hak-hak kebebasan dalam menjalankan ibadahnya tanpa ada paksaan. Hak-hak kebebasan juga harus dimiliki setiap orang walaupun itu seorang narapidana dan tahanan yang sebagian hak-haknya dirampas. Rumah tahanan kelas 1 Surabaya yang terletak di Medaeng di mana penghuni rumah tahanan terdapat kurang lebih 3000 orang sedangkan kapasitanya kebijakan di rumah tahanan ini. (2) apa saja kegiatan keagamaan penghuni di rumah tahanan ini. (3) bagaimana narapidana dan tahanan diberi kebebasan menjalakan ibadahnya. Penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa kebebasan beragama di rumah tahanan kelas 1 Surabaya sepenuhnya dibebaskan dalam memilih dan menjalankan ibadanya sesuai dengan kepercayaaan masing-masing. Adapun narapidana dan tahanan hanya kurang lebih 500 orang. Penelitian ini berusaha menjawab beberapa hal: (1) apa tidak menjalankan ibadanya itu tidak ada paksaan dari petugas rumah tahanan kelas 1 Surabaya. Namun demikian, tempat beribadahnya belum tersedia bagi yang beragama Hindu, Buddha dan Konghucu. Kebijakan di rumah tahanan ini mendorong pembinaan untuk mengubah diri seseorang menjadi lebih baik. Untuk pelaksanaan pembinaan di rumah tahanan ini kurang berjalan dengan baik dikarenakan ada pengabaian terhadap agama minoritas seperti agama Hindu, Buddha dan Konghucu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fu'adah, Shobihatulshobihatulfuadah@gmail.comE02215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Zainul-UNSPECIFIED
Thesis advisorSiddiq, Akhmad-UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Keywords: Kebebasan Beragama; HAM; Rumah Tahanan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Fu'adah Shobihatul
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:20
Last Modified: 08 Aug 2019 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34013

Actions (login required)

View Item View Item