Politik Kekuasaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Illahi, Rafiani Bintang Nur (2019) Politik Kekuasaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafiani Bintang Nur Illahi_I71215033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu wisata religi yang berada di Kota Surabaya ini yaitu Sunan Ampel yang berada di kawasan Surabaya Utara merupakan wisata yang memiliki lahan tidak terlalu luas tetapi banyak sekali pengunjung yang datang bahkan dari luar kota untuk berziarah, dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan dan tempat tidak pernah sepi menjadikan tempat wisata juga tidak terlepas dari pedagang-pedagang yang beraneka ragam untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang sampai saat ini banyak sekali pedagang hingga memenuhi jalan-jalan yang ada di sekitar wisata tersebut. Dengan adanya permasalahan terhadap penempatan pedagang kaki lima. Metodologi yang digunakan dengan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena yang ada di lokasi penelitian yaitu Wisata Religi Sunan Ampel dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat dua temuan : Pertama, politik kekuasaan Pedagang Kaki Lima diantaranya keberadaan penguasaan lahan menjadi cara mereka dalam membentuk politik kekuasaan melalui suatu komunitas dengan menempati area lahan sepanjang Jalan Nyamplungan. Kedua, bentuk politik kekuasaan Pedagangan Kaki Lima tersebut mereka berupaya menguasai area bersama komunitas lainnya, menguasai area berdagang disekitar pengguna jalan kaki ketika satu berdagang yang lainnya akan mengikuti meskipun dengan ada perlawanan, dan mayoritas pedagang tidak mau menempati area wisata kuliner di Pegirian dengan adanya beberapa alasan terutama yaitu dengan sepinya pengunjung dan lebih memilih tempat semula mereka berdagang dengan alasan sudah lama menempati tempat tersebut dan lebih banyak pembeli sehingga mereka melakukan aktivitas berdagang tersebut dengan pedagang-pedagang lain yang tidak mau ditertibkan dengan cara bersama-sama dalam menempati tempat yang semula tempat mereka berdagang untuk tetap bisa mempertahankan dan dapat terus digunakan oleh mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Illahi, Rafiani Bintang Nurrafianibintang05@yahoo.comI71215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRedjosari, Slamet Mulionosmuliono@gmail.com196811291996031003
Subjects: Kebijakan Publik
Masalah sosial
Keywords: Pedagang Kaki Lima; Politik kekauasaan; Wisata religi Sunan Ampel Surabaya: Penguasaan lahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Illahi Rafiani Bintang Nur
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:39
Last Modified: 12 Aug 2019 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item