Sistem Informasi Prioritas Pengembangan Infrastruktur Menggunakan Metode Hanlon Berdasarkan Investasi Warga Desa Sekapuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fidihama, Taka (2019) Sistem Informasi Prioritas Pengembangan Infrastruktur Menggunakan Metode Hanlon Berdasarkan Investasi Warga Desa Sekapuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taka Fidihama_H06215012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sistem Informasi Prioritas Pengembangan Infrastruktur adalah sistem berbasis web yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dengan framework CodeIgniter dan database MySQL yang dapat membantu memberikan hasil rekomendasi prioritas permasalahan pembangunan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi prioritas permasalahan pada pembangunan infrastruktur Bukit Kapur Setigi, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah – Gresik. Adapun pengembangan sistemnya menggunakan waterfall model. Hasil rekomendasi prioritas yang diberikan sesuai dengan data masukan yang menjadi variabel dalam perhitungan metode Hanlon yaitu Komponen A (nilai bobot permasalahan), Komponen B (nilai tingkat keganasan dan urgensi), Komponen C (nilai kemudahan penanggulangan masalah) dan Komponen D (nilai kemungkinan kesesuaian permasalahan dengan masyarakat, nilai kemungkinan nilai ekonomis, nilai kemungkinan dapat diterima oleh masyarakat, nilai ketersediaan sumberdaya dalam menanggulangi masalah, dan nilai kesesuaian dengan hukum yang berlaku). Untuk menghasilkan hasil rekomendasi prioritas, sistem mengurutkan Nilai Prioritas Total (NPT) permasalahan tertinggi. Dari studi kasus yang dilakukan dalam penelitian ini, dihasilkan rekomendasi prioritas permasalahan yaitu permasalahan sanitasi dengan nilai NPT = 176 dan permasalahan taman dengan nilai NPT = 101.75. Sedangkan pengujian fungsionalitas sistemnya = 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fidihama, Takaisisendiriemailnya@gmail.comH06215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTeguh Wibowo, Achmadatw@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorYalina, Nitanitayalina@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Fidihama Taka
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:12
Last Modified: 14 Aug 2019 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item View Item