Rada'ah Dalam Al-Qur’An: studi penafsiran surat Al-Baqarah ayat 233

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Jannah (2019) Rada'ah Dalam Al-Qur’An: studi penafsiran surat Al-Baqarah ayat 233. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jannah_E03215020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat, terutama dikalangan ibu-ibu menyusui yang mana dengan berbagai macam alasan mereka telah melalaikan anjuran Allah SWT untuk menyusui anak-anaknya. Sehingga dengan sengaja mereka mengganti air susunya dengan susu formula. Kemudian peneliti ingin memberikan pemaparan yang lebih detail terkait urgensi rad}ha’ah menurut para mufassir (Al-Qurthubi, Ali al-Shobuni dan Ibnu Katsir). Mereka berpendapat bahwa seorang ibu mempunyai kewajiban untuk menyusui anaknya selama dua tahun penuh, karena ASI sangat membantu dalam tumbuh kembang anak serta menjaga kekebalan tubuh anak dan terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu, peneliti memilih tema tersebut agar supaya para ibu terutama bagi yang menyusui lebih memahami dan lebih mengatahui akan pentingnya ASI bagi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Adapun sumber datanya menggunakan data primer dan skunder dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan analisis datanya yaitu menggunakan deskriptif-analisis. Judul penelitian ini adalah Rad}ha’ah dalam Al-Qur’an (Analisis Surat al-Baqarah Ayat 233). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkan bagaimana konsep dan urgensi rad}ha>’ah di dalam Al-Qur’an menurut para mufassir (AlQurthubi, Ali al-Shobuni dan Ibnu Katsir)yang difokuskan pada surat al-Baqarah ayat 233. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa radha’ah merupakan perintah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan merupakan kewajiban seorang ibu untuk menyusui anak-anaknya sampai usia dua tahun. Karena air susu ibulah yang paling baik bagi anak. Adapun manfaat menyusui sangatlah banyak, baik bagi anak maupun bagi ibu itu sendiri Kata Kunci: Radha’ah, Al-Qur’an, mufassir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Jannahjennyhasyim@gmail.comE03215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED195610101986031005
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com197804172009011009
Subjects: Tafsir
Keywords: Radha’ah; Al-Qur’an; mufassir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Jannah Jannah
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:30
Last Modified: 19 Aug 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item