Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam Mengurangi Gangguan Kepribadian Mahasiswi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfaris, Aqiel Ajiz (2019) Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Realitas dalam Mengurangi Gangguan Kepribadian Mahasiswi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqiel Ajiz Alfaris_B03215005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan terapi realitas dalam mengurangi gangguan kepribadian mahasiswi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya?, (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan terapi realitas dalam mengurangi gangguan kepribadian mahasiswi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, adapun teknik analisisnya mengunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Data yang diperoleh selama penelitian ini berlangsung, diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada konseli dan para informan sehingga data yang diperoleh berupa kata-kata, percakapan dan pola perilaku yang dapat diamati. Peneliti menggunakan terapi realitas sebagai solusi untuk mengurangi gangguan kepribadian pada konseli. Adapun teknik terapi yang digunakan adalah perpaduan antara Teknik WDEP dan juga Self Relaxation. Perpaduan kedua teknik tersebut, bertujuan untuk mengarahkan konseli dalam memenuhi kebutuhannya dengan penuh tanggung jawab, dan menanamkan sikap relaks pada konseli dalam menghadapi masalahnya. Hasil dari proses bimbingan konseling dengan menggunakan terapi realitas dalam penelitian ini dikatakan berhasil, adapun hasilnya dapat dilihat dari adanya perubahan terhadap pola pikir, emosi, dan perilaku menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfaris, Aqiel Ajizaqiel.alfariz@gmail.comB03215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaela, Faizah NoerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Terapi Realitas; Gangguan kepribadian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfaris Aqiel Ajiz
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:25
Last Modified: 13 Aug 2019 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34055

Actions (login required)

View Item View Item