Hari Santri dan Respon Organisasi Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Surabaya Tahun 2015-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siti Fatihatus, Saadah (2019) Hari Santri dan Respon Organisasi Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Surabaya Tahun 2015-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatihatus Saadah_A02215016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di masa lampau). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori responsif (suatu reaksi atau tanggapan seseorang dalam bentuk baik atau buruk, positif atau negatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hari Santri yang diputuskan Presiden Joko Widodo tanggal 22 Oktober 2015 atas usulan dari Nahdlatul Ulama, bahwa sejarah Resolusi Jihad harus ada tempat atau waktu tersendiri karena mengingat peran ulama dan santri sangat besar untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya, tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, diamana dicetuskannya Resolusi Jihad. (2) Surabaya merupakan ibukota Jawa Timur, dimana Surabaya didominasi penduduk yang beragama Islam dan mempunyai banyak organisasi masyarakat Islam yang berkembang seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dan lain sebagainya. (3) Respon tentang penetapan Hari Santri dari 3 organisasi masyarakat Islam, yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Hanya organisasi Muhammadiyah yang tidak setuju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siti Fatihatus, Saadahsitifatih11@gmail.comA02215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMedan,, Abdul Azizabdulazizmedan@gmail.com195509041985031001
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Santri
Keywords: Santri; NU;Muhammadiyah;LDII
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Saadah Siti Fatihatus
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:17
Last Modified: 15 Aug 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34058

Actions (login required)

View Item View Item