Sinergitas Alumni Dan Pondok Pesantren Annuqayah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, M. Fayyad Zainal (2018) Sinergitas Alumni Dan Pondok Pesantren Annuqayah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fayyad Zainal Abidin_F02416091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Sinergitas Alumni Dan Pondok Pesantren Annuqayah Dalam Pemberdayaan Ekonom Masyarakat Kabupaten Sumenep” ini adalah hasil penelitian lapangan yang tujuannya untuk menjawab pertanyaan bagaimana sinergi alumni dan Pondok Pesantren Annuqayah dalam pemberdayaan ekonomi dengan mengulas dari sisi sinergi untuk membangun program-program pemberdayaan ekonomi. Dalam hal ini pesantren mengajak para alumninya untuk ikut andil dalam berbagai hal program pemberdayaan. Sinergi ini sangatlah penting karena pondok pesantren saat ini telah dituntut bisa menampakkan kemandiriannya sehingga pesantren tidak hanya mampu menggiring para santrinya paham ilmu agama namun terlebih kepada pengetahuan yang sifatnya entrepreneurship. Penelitian ini merupakan field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan interview, obsevasi dan dukumentasi tentang program program sinergi pondok pesantren dengan para alumninya dalam memberdayakan ekonomi di kabupaten Sumenep. Data-data tersebut terhimpun kemudian diolah dan dianalisis dengan pola pikir diskriptif-induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya implementasi sinergi oleh pesantren dan para alumninya dimana terdapat pada tiga hal, relasi/ jaringan, kepercayaan dan nilai-nilai pondok pesantren. Ketiganya merupakan modal utama dalam membangun sinergi dalam hubungan berbagai hal termasuk pemberdayaan ekonomi. Dengan tiga pilar tersebut tentu memberikan ruang yang luas bagi pesantren untuk bisa mengembangkan asset yang dimilikinya begitupula sebaliknya. Secara otomatis tercipta adanya sinergi saling menguatkan bahkan pesantren mampu tumbuh secara mandiri khususnya pertumbuhan ekonominya. Bentuk-bentuk pemberdayaan ekonomi bisa dilihat pada tiga karakter, yaitu terciptanya pemberdayaan ekonomi berkelanjutan, Pengelolaan asset milik pondok pesantren oleh para alumninya dan pemberdayaan ekonomi yang melibatkan pemerintah secara langsung dengan tiga model sinergi diatas yang masuk pada teori triple helixs. Dari sinergi ini diharapkan terjadi sirkulasi ilmu pengetahuan berujung pada inovasi yang memiliki potensi ekonomi atau kapitalisasi ilmu pengetahuan (khowledge capital).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, M. Fayyad Zainalm.fayyadzainalabidin92@gmail.comF02416091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com; sirajul.arifin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sinergitas; Pemberdayaan Ekonomi.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abidin M Fayyad Zainal
Date Deposited: 07 Aug 2019 06:56
Last Modified: 07 Aug 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34060

Actions (login required)

View Item View Item