Maryam Dalam Al-Qur'an: studi terhadap penafsiran al-Qurthubi surah Ali Imran ayat 42

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratu, Masuji (2019) Maryam Dalam Al-Qur'an: studi terhadap penafsiran al-Qurthubi surah Ali Imran ayat 42. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Masuji Ratu_E03215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasan kenabian dalam islam merupakan pokok bagi pemahaman ajaran islam lainnya. Wacana tentang kenabian biasanya menjadi pembahasan pada kajian filsafat. Padahal wacana ini juga bisa menggunakan kajian dengan ayat-ayat Alquran dan hadis. Jika filsafat kenabian membahas masalah ini dengan sangat kritis dari sisi epistimologisnya, maka dalam Alquran pembahasan tentang kenabian lebih pada persoalan istilah yang digunakan dan juga misi kenabian yang dibawa oleh masing-masing nabi dan rasul tersebut. Para mufassir dalam menafsiran Alquran juga sering berbeda pendapat ketika menafsirkan adanya nabi perempuan dalam konteks ini yaitu Maryam. Salah satu mufassir tersebut adalah al-Qurthubi. Dalam tafsir Jami’ Li Ahkam Alquran al-Qurthubi menggunakan pendekatan bahasa yang mempunyai kaitan dengan ayat lain. Dalam penjabaran argumennya al-Qurthubi berpegang pada dalil Alquran yang bercerita tentang Maryam dan kenabian Isa. Pada pembahasan ini akan dikemukakan apa saja yang menjadi dalil atau landasan al-Qurthubi dalam pandangannya terhadap kenabian perempuan. Al-Qurthubi juga dengan tegas mendukung pendapat bahwa ada nabi perempuan, khususnya Maryam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratu, Masujiratumasuji28@gmail.comE03215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Muhammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id197503102003121003
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.id199003042015031004
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Nabi; Maryam; Kenabian; perrempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ratu Masuji
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:43
Last Modified: 09 Aug 2019 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34069

Actions (login required)

View Item View Item