Perbandingan Kualitas Kompos menggunakan Aktivator Limbah Ampas Tahu dan Mikroorganisme Lokal (MOL) Ampas Tahu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Nurhandayani Agustina (2019) Perbandingan Kualitas Kompos menggunakan Aktivator Limbah Ampas Tahu dan Mikroorganisme Lokal (MOL) Ampas Tahu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurhandayani Agustina Ningsih_H75215023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Industri tahu di Indonesia menghabiskan sekitar 2,56 juta ton kedelai setiap tahun untuk proses pembuatan tahu dan menghasilkan 1.024 juta ton ampas tahu. Ampas tahu banyak mengandung senyawa-senyawa anorganik diantaranya senyawa Kalium (K), Phospor (P), Calsium (Ca), Karbon (C) organik dan Magnesium (Mg). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas kompos dengan aktivator ampas tahu dan mikroorganisme lokal (MOL) ampas tahu serta untuk mengetahui kesesuaian kualitas hasil analisis pengomposan (C/N rasio, kadar air, pH dan temperatur) dengan penambahan aktivator ampas tahu dan MOL ampas tahu berdasarkan SNI 19-7030-2004 tentang Spesifikasi kompos dari sampah organik domestik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental, sampah organik diberikan aktivator ampas tahu dan aktivator MOL ampas tahu dengan takaran yang berbeda. Kualitas kompos dengan tambahan MOL ampas tahu memberikan hasil pengomposan yang dilihat dari nilai pH. Nilai pH kompos dengan penambahan ampas tahu A1, A2, dan A3 berturut-turut sebesar 7,7, 7,8 dan 7,9 sedangkan pH dengan penambahan MOL ampas tahu B1, B2, dan B3 berturut-turut 7,3 7,4 dan 7,6. Kualitas kompos yang dihasilkan dari penambahan ampas tahu dan MOL ampas tahu telah memenuhi lima aspek spesifikasi kualitas kompos sampah organik domestik SNI-19-7030-2004. Parameter kompos tersebut meliputi, suhu, kadar air, nitrogen, C organik dan rasio C/N.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Nurhandayani Agustinanurhandayani0608@gmail.comH75215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNengse, SulistiyaSulistiya703@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pertanian
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ningsih Nurhandayani Agustina
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:30
Last Modified: 12 Aug 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34074

Actions (login required)

View Item View Item