Fenomena Salat Tarawih Cepat: studi di pondok pesantren Mambaul Hikam desa Mantenan kecamatan Udanawu kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farid, Muh. Amrun (2019) Fenomena Salat Tarawih Cepat: studi di pondok pesantren Mambaul Hikam desa Mantenan kecamatan Udanawu kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Amrun Farid_E9114049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Fenomena Tradisi Salat Tarawih Dengan Cepat Di Pondok Pesantren Mambaul Hikam Desa Mantenan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana pelaksanaan salat tarawih dengan cepat di pondok pesantren Mambaul Hikam Desa Mantenan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, kemudian menggali makna dilaksanakan salat Tarawih dengan cepat ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menjadikan para jamaah yang mengikuti shalat tarawih sebagai sumber primer. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara dengan beberapa responden. Fokus penelitian ini bertempat di pondok pesantren Mambaul Hikam Desa Mantenan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi milik Edmund Huserl, penelitian ini mencari makna yang terdapat dalam tradisi salat tarawih dengan cepat di pondok pesantren Mambaul Hikam ini. Pelaksanaan salat tarawih ini dilakukan dengan bacaan dan gerakannya sangat cepat. Tradisi salat tarawih ini sudah ada sejak masa hidup pendiri pondok Mambaul Hikam dan sampai sekarang tradisi yang dilaksankan setiap bulan Ramadhan ini masih tetap lestari. Kemudian ada beberapa hal yang melatarbelakangi dilaksanakannya shalat tarawih dengan cepat salah satunya yaitu karena pada zaman dahulu, masyarakat kalau diajak salat tarawih terlalu lama, mereka akan enggan untuk mengikutinya. Penelitian ini menjelaskan makna yang terkandung dalam salat tarawih dengan cara mengumpulkan alasan dari beberapa responden untuk melaksanakan tradisi salat tarawih dengan cepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farid, Muh. Amrunfaridd.uzumaki@gmail.comE91214049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Salat
Keywords: Tradisi; Salat Tarawih; Makna Salat Tarawih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Farid Muh. Amrun
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:29
Last Modified: 08 Aug 2019 10:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item